logo


Benarkah Diet Ketat dapat Mempengaruhi Kesuburan bagi Wanita?

Banyak faktor yang menentukan kemampuan untuk hamil

17 Agustus 2015 00:00 WIB

artikel jitunews
artikel jitunews

Rendahnya kadar estrogen akan mempengaruhi siklus haid, karena untuk haid dibutuhkan kadar estrogen yang cukup agar rahimnya optimal melakukan pelepasan sel-sel telur. Bisa jadi selama beberapa bulan haidnya tertunda dan sedikit. Namun sebenarnya hormon wanita tidak semuanya dihasilkan oleh ovarium. Sebanyak 70 persen hormon dihasilkan dari ovarium dan sekitar 30 persennya dihasilkan dari sel lemak. Selain itu, diet pada wanita juga mempengaruhi stres seseorang.

Jadi jika ingin berdiet dan cepat hamil, lakukan pola makan yang berimbang yang tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit. Jika makan terlalu banyak, akibatnya akan terlalu gemuk. Seperti halnya orang yang terlalu kurus, orang yang terlalu gemuk pun hormonnya akan terganggu. Dalam menerapkan pola makan sehat, selain makan makanan seimbang, juga dianjurkan mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan dan vitamin.

Karena itu, jika ingin cepat hamil sebaiknya terapkan berat badan ideal. Untuk mengetahui berat badan ideal, dilihat dari indeks massa tubuh (IMT). Rumus IMT adalah berat badan ideal (dalam kilogram) dibagi tinggi badan ideal (dalam meter), dikuadratkan. "Jika IMT-nya berkisar di angka 18-25 artinya berat badan normal, jika di bawah 18 artinya terlalu kurus, jika di atas 25 artinya mengalami overweight dan jika di atas 30 artinya mengalami obesitas,"tungkas dr. Alvin.

Makan Mie Instan Pakai Nasi, Sehat Enggak, sih?

Halaman: 
Penulis : Suciati, Hasballah