logo


SBY Absen di Sidang MPR, Ruhut : Bapak Sibuk Acara di Luar Negeri

SBY absen dalam Sidang Tahunan MPR yang digelar sejak pagi tadi, Jumat (14/8)

14 Agustus 2015 00:00 WIB

Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. (Ist)
Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) absen dalam Sidang Tahunan MPR yang digelar sejak pagi tadi, Jumat (14/8). Menurut Ruhut Sitompul, Presiden ke-6  RI itu sedang disibukkan oleh agenda forum pertemuan di luar negeri.

Saat dijumpai di gedung DPR/MPR, Ruhut menerangkan alasan dari tak hadirnya SBY pada Sidang Tahunan MPR selaku mantan Presiden RI.

‎"Bapak ada acara di luar negeri. Beberapa forum internasional mengundang bapak sebagai pembicara. Terakhir rapat dengan bapak, sedang ada acara di luar negeri," ucap Ruhut di Kompleks Parlemen DPR, Jumat (14/8).

Dalam ingatannya, Ruhut mengakui akan ada agenda dengan SBY pada tanggal 27 mendatang di Jasmim, Puncak. Selain pada tanggal tersebut, Ruhut menyebut, dirinya baru akan bertemu SBY lagi pada agenda pembekalan Gubernur, Bupati, Walikota.

Terkait Pilkada, Ruhut menambahkan, Partai Demokrat selama tiga hari akan melakukan kegiatan persiapan Pilkada serentak 2015.

"Dari partai, Pak SBY tegaskan yang baik dari pemerintahan Pak Jokowi kita dukung. Sedangkan yang kurang kita akan kritisi dengan menyampaikan solusi," jawab Ruhut saat dimintai tanggapan tentang masa kepemimpinan Jokowi.

Ia juga menegaskan bahwa komunikasi politik antara Jokowi dan SBY terjalin baik. Terlebih semua menjadi serba mungkin berkat jembatan Luhut Binsar Pandjaitan.

Dalam wawancara langsungnya, Ruhut menampik dugaan yang menyebut SBY dan Boediono sengaja janjian untuk tidak hadir dalam sidang tersebut. ‎Seperti diketahui dalam Sidang Tahunan MPR ini dihadiri Presiden Jokowidodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Selain itu hadir pula presiden RI ke-3 Bacharuddin Jusuf habibie, Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, Wakil Presiden RI ke-6 Try sutrisno, Wakil Presiden RI ke-9 Hamzah Haz.

"Ini gak diatur, karena sudah diatur saja jadwal SBY. Bapak SBY sangat menghormati, kalau Bapak bisa pasti datang kok," pungkasnya.

Kritik SBY yang Banggakan Kemiskinan Drop di Eranya, PPP: Harus Fair, Saat Itu Tidak Dihantam Covid-19

Halaman: 
Penulis : Syukron Fadillah, Vicky Anggriawan