•  

logo


Peringatan Tragedi Tiananmen, Keamanan Diperketat

4 Juni 2014 13:40 WIB


BEIJING, JITUNEWS.COM - Ribuan polisi dan serdadu bersenjata lengkap disebar ke beberapa lokasi di sekitar Lapangan Tiananmen, Beijing, Tiongkok Langkah itu ditempuh bertepatan dengan peringatan 25 tahun tragedi Tiananmen.

Wartawan BBC di Beijing, Carrie Gracie, Rabu (4/6), melaporkan jumlah aparat keamanan Tiongkok di sekitar Lapangan Tiananmen terlihat meningkat drastis dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya.

Para polisi berseragam biru mengawasi warga sipil di sekitar lapangan. Beberapa di antara mereka memeriksa identitas warga secara acak.

Jurnalis asing pun tak luput dari pengawasan. Para jurnalis dilarang meliput dan diusir keluar dari Lapangan Tiananmen.

Aparat Tiongkok memandang serius peringatan tragedi Tiananmen. Beberapa hari terakhir, kepolisian menggiatkan penggerebekan terhadap sejumlah individu yang dinilai pembangkang politik.

Sejumlah pengacara, wartawan, dan aktivis sudah ditangkap oleh pemerintah Tiongkok. Seorang seniman Australia kelahiran Cina, Guo Jiang, telah ditahan, Senin (2/6), sehari setelah wawancaranya diterbitkan koran The Financial Times.

Peringatan 25 tahun tragedi Tiananmen diperkirakan akan diperingati besar-besaran di Hong Kong dan Taiwan.

Ribuan orang diduga bakal berpartisipasi dalam unjuk rasa yang menuntut pemerintah Tiongkok menjamin kebebasan berekspresi. (BBC)

Malaysia Airlines Hilang Di Samudera Hindia

Halaman: 
Penulis :