logo


Awas Jangan Dipencet! Ini Cara Jitu Sembuhkan Luka Melepuh

Milkwood atau getah putih diyakini efektif menyembuhkan kulit melepuh

13 Agustus 2015 09:56 WIB

Ilustrasi kulit melepuh. (Ist)
Ilustrasi kulit melepuh. (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Pernahkah Anda mengalami masalah kulit melepuh? Ya, kulit melepuh biasanya disebabkan oleh gesekan yang berlebihan, terbakar, atau akibat paparan bahan kimia. Luka melepuh dapat terasa nyeri jika ditekan. Luka ini harus ditangani dengan benar dan tepat agar tidak menimbulkan infeksi.

Untuk luka bakar yang menyebabkan kulit melepuh ataupun bengkak berisi air, biasanya orang tidak sabar untuk memecahkannya. Sebenarnya tindakan itu salah. Jangalah sekali-kali memecahkan gelembung kulit yang timbul atau melepuh, ini pun untuk mencegah terjadinya infeksi. Biasanya dalam 21 hari kulit yang melepuh akibat luka bakar itu akan pecah dengan sendirinya. Jadi, kalau melepuh jangan dipecahkan, biar pecah sendiri.

Lantas, bagaimana cara penanganan yang tepat pada luka melepuh? Berikut tiga cara alami yang dapat Anda lakukan sebagai pertolongan pertama, yuk simak!


Ikuti Kaidah 4T + 1W dalam Mengonsumsi Obat Herbal

Lidah buaya

Tanaman lidah buaya daun dan akarnya mengandung saponin dan flavonoid, di samping itu daunnya mengandung tanin dan polifenol. Saponin ini mempunyai kemampuan sebagai pembersih sehingga efektif untuk menyembuhkan luka terbuka, sedangkan tanin dapat digunakan sebagai pencegahan terhadap infeksi luka karena mempunyai daya antiseptik dan obat luka bakar. Flavonoid dan polifenol mempunyai aktivitas sebagai antiseptik.

Air kelapa dan kunyit

Kunyit dan air kelapa dapat dicoba untuk meredakan rasa panas dan juga mencegah timbulnya bekas luka melepuh. Caranya, campur satu sendok teh bubuk kunyit dengan air kapur sirih. Tambahkan air kelapa, oleskan pada bagian tubuh yang terluka bakar atau terkena minyak dan air panas. Rasa panas akibat terbakar pun akan segera hilang dan tidak meninggalkan bekas melepuh.

Tanaman milkwood

Milkwood atau orang Jawa menyebutnya getah putih diyakini efektif menyembuhkan kulit melepuh. Pasalnya, tanaman ini mengadung ibogaine, conolidine dan voacangine. Caranya, ambil getah tanaman kemudian campur dengan minyak kelapa, lalu balurkan pada bagian kulit yang sakit.

Semoga bermanfaat ya!

Obati Gagal Ginjal dengan Daun Sukun

Halaman: 
Penulis : Riana