logo


Sensasi Menikmati Pecak Gurame H.Apen yang Rasanya Jawara!

Sering dikunjungi public figure terkenal, sebut saja Guruh Sukarnoputra, Bondan Winarno, Teuku Ryan

12 Agustus 2015 00:00 WIB

Pecak Gurame H.Apen. (Jitunews/Johdan A.A.P)
Pecak Gurame H.Apen. (Jitunews/Johdan A.A.P)

JAKARTA, JITUNEWS,.COM –  Bosan dengan menu makanan western yang mengandung sapi, dan ingin menyantap aneka hidangan kuliner tradisional khas Betawi? Sepertinya rumah makan betawi H.Apen layak untuk dijadikan rekomendasi tempat makan siang Anda bersama rekan kerja atau keluarga. Bertempat di jalan Saco RM. Harsono 12, Ragunan, Jakarta selatan, Anda tidak akan kesulitan menemukan tempat ini, karena tepat berada persis dipinggir jalan.

Tempat makan ini awalnya didirikan oleh Hj. Nengsih, istri dari H.Apen. Seperti yang dituturkan oleh Dian Novitasari, anak ketujuh sekaligus pengelola rumah makan ini kepada Jitunews, Senin (10/8).

"Berawal dari hobi memasak dari ibu saya yang iseng mengisi kegiatan selepas pensiun menjadi PNS di Kejaksaan Agung sebagai kepala juru masak, awalnya mendirikan warung kecil-kecilan di tahun 2004, dengan sitting capacity hanya mampu menampung 15-an orang dan sekarang alhamdulilah sudah mampu menampung sekitar 100-an orang,“ ujar wanita yang telah malang melintang bekerja di dunia perhotelan.

Pertama kali menjajakan kaki ke tempat ini, Anda akan disambut dengan dekorasi tembok berwarna hijau terang. Beberapa kursi kayu berlapis cat coklat terjejer dengan sangat rapih. Di rumah makan berlantai dua ini, Anda tidak akan menemukan ornament khusus yang mengidentifikasikan “kebetawi-an”nya, dan di sinilah letak pesonanya. Begitu terkesan homey, namun jangan salah rumah makan ini menyimpan citarasa “harta karun” kuliner khas betawi yang begitu legenda.

Yap, di warung makan ini banyak menyajikan aneka hidangan betawi yang rasanya jawara, sebut saja Pecak Gurame, Pecak Ikan Mas, Pecak Lele, Pecak Ayam, Sop Kambing, Soto Betawi Daging Sapi, Ayam Penyet, Sayur Asem, Semur Jengkol, Ikan Asin Sepat dan Gabus, Pete Goreng dan Rebus, Gurame Goreng, Ikan Mas Goreng, Ayam Goreng dan terakhir aneka Lalapan segar.

Diantara deretan menu tadi, Pecak Ikan Gurame adalah menu andalannya.Ciri khas kuahnya berwarna merah segar yang berasal dari ulekan cabai merah keriting dengan campuran bumbu lain seperti bawang merah, bawang putih, jahe dan perasaan jeruk limau dan nipis. Sehingga menghasilkan citarasa yang pas antara asin, pedas, dan asam yang terpadu begitu sempurna dikuah pecaknya. Saat pertama kali diseruput, kuahnya begitu menggoyang lidah..Srupppp,asli enaknya puoooll !

Gila! Cafe Ini Unik dan Instagrammable, Hanya Ada di Jakarta

Halaman: 
Penulis : Hartati, Hasballah