logo


Budidaya Cabai Sistem Mulsa Raup Untung Besar? Ini Buktinya

Dengan menerapkan sistem budidaya cabai dengan mulsa, cabai hasil budidaya Yudi berkualitas bagus

11 Agustus 2015 11:17 WIB

Penggunaan plastik mulsa yang menyelimuti bedengan tanaman cabai memiliki dua fungsi. (Foto : IST)
Penggunaan plastik mulsa yang menyelimuti bedengan tanaman cabai memiliki dua fungsi. (Foto : IST)

Planting chili just for fun in an area of 1,300 square metres in 1995 apparently provides great benefits for Yudi, a chili grower in Sukabumi, West Java. Thanks to his diligence, his business has rapidly grown and currently he has five-hectare chili plantation.

SUKABUMI, JITUNEWS.COM - Dari sekadar iseng menanam cabai di lahan seluas 1.300 meter persegi di tahun 1995 rupanya memberikan keuntungan yang besar bagi Yudi, petani cabai di daerah Sukabumi, Jawa Barat. Berkat ketekunan, usahanya berkembang hingga ia memiliki kebun cabai seluas 5 hektar.

Modal awal yang digelontorkan Yudi untuk memBudidayakan cabai ini adalah sekitar Rp 500 ribu. Oleh Yudi modal tersebut digunakan untuk membeli 1 pack benih cabai dan sisanya dibelikan peralatan Budidaya, pupuk, pestisida dan biaya operasional. Binih cabai tersebut, Yudi tanam di kebun miliknya.

Di awal Budidaya cabai, Yudi menanam cabai secara konvensional di lahan terbuka tanpa perlakukan. Namun seiring berjalannya waktu dan jumlah lahan yang terus bertambah, maka Yudi mulai menerapkan teknologi sederhana pada Budidaya cabai miliknya. Saat ini Yudi menanam dua jenis cabai, yakni cabai merah keriting dan cabai merah besar.


Raup Untung Hingga Rp 5 Juta dari Pepaya California

“Setelah saya tahu ada petani yang bisa panen cabai 100 hari dan hasilnya bagus, saya tertarik menanam cabai dengan membuat bedengan yang diselimuti plastik mulsa. Hasilnya lumayan, panen tetap bagus meski lagi musim hujan,” ujar Yudi kepada JITUNEWS beberapa waktu lalu.

Adapun palstik mulsa yang dipakai Yudi adalah mulsa berwarna hitam perak (satu sisi warna hitam, satu sisi lagi warna perak). Warna perak menghadap ke atas dan warna hitam ke bawah. Plastik  mulsa yang dipakai Yudi berukuran panjang ± 40 meter dengan lebar 100 cm.

Pemasangan mulsa dilakukan saat matahari terik agar mulsa memuai sehingga memudahkan ditarik saat menutup bedengan. Kemudian plastik mulsa diselimutkan di atas bedengan, lalu dilubangi dengan jarak 60x60 cm. Jadi dalam 1 bedengan bisa dibuat 2 baris memanjang. Alat untuk melubangi plastik mulsa dengan menggunakan kaleng bekas diameter 10 cm yang telah dipanaskan sehingga plastik mulsa gampang berlubang.

Kisah Sukses Sarjana Asal Payakumbuh Raup Cuan ‘Pedas’ dari Budidaya Cabai

Halaman: 
Penulis : Riana