logo


Serunya Berjaringan di Antara Sesama Pelajar di Luar Negeri (3-Habis)

PPI adalah sebuah komunitas pelajar Indonesia yang tinggal di luar negeri.

9 Agustus 2015 16:00 WIB

Panitia Simposium
Panitia Simposium

JAKARTA, JITUNEWS.COM -  Hari itu, keriuhan terjadi di auditorium kedutaan besar Indonesia di Singapura. Perwakilan delegasi Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Sedunia berkumpul bersama di Singapura untuk menggelar kongres sekaligus Simposium Internasional PPI Dunia selama wiken lalu. Tak kurang sekitar 300 orang delegasi hadir di event tahunan tersebut.

Ketua Permira PPI Rusia, Steven Guntur menjadi salah satu delegasi yang ikut hadir di event tersebut. Dari Rusia mengirimkan sekitar 5 orang delegasi. "Sekitar 37 PPI dari berbagai negara hadir dalam forum ini di Singapura," katanya.

Demi menghadiri event ini, Andi salah seorang pelajar yang sedang belajar di Rusia, rela mencari sponsor untuk membiayai perjalanan panjangnya dengan pesawat.

Bayangkan untuk mencapai Singapura dia harus mencari biaya tiket sebesar US $ 1000 untuk sekali perjalanan. Jadi bila PP maka butuh sekitar US $ 2000. "Beruntung saya akhirnya dapat sponsor dan bisa melewati perjalanan panjang selama 20 jam dengan pesawat," katanya.

PPI adalah sebuah komunitas pelajar Indonesia yang tinggal di luar negeri. Mereka saling berjaringan dan membentuk koneksi antar negara. Tak jarang untuk bisa berkomunikasi dengan perwakilan atau pengurus PPI dari negara lain mereka menggunakan fasilitas teknologi seperti skype. "Dengan skype kita bisa mengobrol dan meeting dengan pengurus PPI dari negara lain," katanya.

PPI se-Dunia ini adalah perhimpunan pelajar yang belajar di luar negeri dari berbagai belahan dunia. Anggota PPI ini terdiri dari 3 zona kawasan yaitu Amerika Eropa, Asia Oceania dan Timur Tengah Afrika. "Tahun lalu kita mengadakan pertemuan tahunan di Tokyo," kata Steven Guntur saat berbincang santai dengan Jitunews.com

Bagi Klara Monika, kesempatan bertemu pelajar Indonesia dari berbagai negara itu jelas tidak bisa dilewatkan begitu saja. Dia menganggap bahwa pertemuan ini bisa bermanfaat disamping untuk membangun jaringan dengan sesama teman pelajar, juga bisa mempersiapkan diri bagi karir di masa depan. "Siapa tahu bisa dapat kesempatan dan peluang dari PPI," ujarnya singkat.

Melon Granat, Primadona Baru Buah Melon?

Halaman: 
Penulis : Ali Hamid