logo


Jenis Tanaman Asal Afrika Ini Cocok Di Tanam Dalam Pot. Siapa Dia?

Bunga-bunga Crossandra akan tumbuh keluar, jika sudah berumur beberapa bulan

7 Agustus 2015 00:00 WIB

bunga Crossandra (Ist)
bunga Crossandra (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Jika Anda menyukai tanaman hias untuk ditanam di pot sepertinya Crossandra bisa menjadi rekomendasi pilihan yang tepat. Tanaman hias jenis rambat ini memiliki nama lain yang dikenal Firecracker flower dan termasuk kedalam famili acantaceae. Dengan warna kuning cerah pada bunganya yang berbentuk corong, dan tumbuh banyak disekitar tajuknya yang berwarna hijau, Crossandra pun bisa memiliki pertumbuhan hingga mencapai 1 meter.

Tanaman ini berasal dari Afrika Timur dan Mozambik, yang akan tumbuh maksimal dengan kisaran suhu sekitar 55 derajat Fahrenheit. Agar tumbuh subur, habitat tanaman ini memerlukan tanah yang gembur dan lembab, serta cukup terkena paparan sinar matahari. Paparan sinar matahari bisa merangsang pertumbuhan bunga, sehingga semakin banyak terkena maka bunganya pun akan tumbuh lebih banyak.

Untuk memperpanjang masa berbunga dapat dilakukan dengan dengan membuang bagian tanaman yang sudah berbunga atau habis masa berbunganya. Selain itu, media tanamnya pun harus sering diganti. Anda pun harus rajin memberi pupuk kandang secara berkala. Agar tanaman mendapatkan nutrisi yang cukup.

Apabila Anda tertarik untuk memperbanyak anakan, dapat dilakukan dengan cara penyetekan pada batang. Bunga-bunga Crossandra akan tumbuh keluar, jika sudah berumur beberapa bulan.

Untuk pengomposian dengan tanaman lain agar lebih menarik, sesuaikan dengan gradiasi tinggi tanaman. Tanaman ini sebenarnya berfungsi sebagai display plant yang biasa diletakkan sebagai penghias taman bergaya eropa dan gaya taman bunga.

Kembali Jadi Primadona, Yuk Kenali Manfaat Tersembunyi dari Aglaonema

Halaman: 
Penulis : Hartati, Hasballah