logo


Mini Combine Harvester, Mesin Pertanian Dengan Tiga Kegunaan

alat pertanian yang berfungsi sebagai alat potong batang padi, memisahkan antara batang dan gabah.

6 Agustus 2015 15:33 WIB

Mini Combine Harvester.(Ist.)
Mini Combine Harvester.(Ist.)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Proses panen padi akan menjadi lebih efektif dan mudah dengan menggunakan salah satu alat pertanian ini. Mini Combine Harvester, adalah salah satu alat pertanian yang berfungsi untuk sebagai alat potong batang padi hingga memisahkan antara batang dan gabah.

The rice harvest process will be more effective and easier through the use of this agricultural machine. Mini Combine Harvester is an agricultural tool used to cut rice stems and separate them from the seeds.

"Di dalam perangkat Mini Combine Harvester, sudah tersedia pisau pemotong pada bagian depan, yang memiliki fungsi untuk memotong batang padi, selain itu juga memiliki sisir yang berguna untuk mengambil batang padi sehingga mengarah ke dalam bucketnya untuk dipotong,"ungkap Achmad, salah satu marketing PT Sainindo yang ditemui di sela-sela pameran produk pertanian, di Kemayoran, Kamis (6/8).

 


Jagung Transgenik, Produk Bioteknologi Pengundang Kontroversi

Lebih lanjut Achmad mengatakan, bahwa setelah dipotong kemudian akan ditarik ke konfeyor dan langsung di rontokkan, setelah melewati proses perontokkan maka akan langsung dipisahkan antara batang dan gabah. 

 

Ia juga menjelaskan bahwa pada saat yang sama antara batang dan gabah akan dibuang di tempat yang terpisah, dan saat gabah keluar ada operator yang sudah siap dengan karung untuk menadah saat gabah keluar.

 

"Jadi singkatnya Mini Combine Harvester ini, sekali jalan langsung jadi gabah dalam karung,"papar dia. 

 

Sementara dalam pengoperasian alat ini hanya membutuhkan 2(dua) operator, satu orang yang menjadi drivernya dan operator, sementara yang lain sebagai penjaga karung yang sudah terisi gabah.

 

Terkait dengan pemasaran, Achmad mengakui bahwa hingga saat ini pemasarannya masih difokuskan di dalam negeri.

 

"Pemasarannya masih fokus di dalam negeri saja dan kami sangat berharap kedepannya Mini Combine Harvester semakin diminati pasar Indonesia,"pungkasnya.

Teknologi Jitu Robot Khusus Pemanggil Walet

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Tommy Ismaya