logo


Sebelum Buka Pendaftaran Lagi, KPU Bakal Lakukan Sosialisasi

KPU pun berniat bakal mendahului proses pembukaan calon dengan melakukan sosialisasi

6 Agustus 2015 00:00 WIB

Ilustrasi KPU. (Ist)
Ilustrasi KPU. (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Rekomendasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) akhirnya disepakati oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Rekomendasi yang disampaikan pada, Rabu (5/8) tersebut meminta agar waktu pendaftaran di tujuh daerah dengan satu pasang calon diperpanjang.

KPU pun berniat bakal mendahului proses pembukaan calon dengan melakukan sosialisasi. Sedianya pembukaan pendaftaran calon bakal dimulai pada 9-11 Agustus mendatang, tetapi bakal diawali dengan masa sosialisasi terlebih dahulu pada 6-8 Agustus.

"Akan diawali masa sosialisasi selama 3 hari. Mulai hari ini, sampai 8 Agustus mendatang. Pembukaan pendaftaran calon dimulai pada 9 Agustus 2015 hingga 11 Agustus 2015," jelas Ketua KPU Husni Kamil Manik, dalam konferensi pers di Gedung KPU, Kamis (6/8).

Husni menambahkan, KPU pusat telah memerintahkan agar KPU di tingkat kabupaten dan kota, khusus di tujuh wilayah dengan satu pasang calon,
untuk segera melakukan sosialisasi. Tak hanya itu, KPU pusat pun mengimbau agar KPU di daerah tersebut membuka koordinasi dengan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) setempat.

"Lakukan sosialisasi ke partai politik ataupun pihak terkait lainnya yang dianggap perlu. Lantas umumkan juga ke masyarakat via website atau media massa," tambah Husni.

Ketujuh daerah seperti Kabupaten Tasikmalaya di Jawa Barat, Kota Surabaya, Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Pacitan di Jawa Timur, Kota Mataram di Nusa Tenggara Barat (NTB), Kota Samarinda di Kalimantan Timur, serta Kabupaten Timor Tengah Utara di Nusa Tenggara Timur (NTT), hampir saja dipastikan gagal menggelar pemilihan kepala daerahnya pada 2015 dan harus menundanya hingga 2017. Sebab, peraturan KPU mensyaratkan bahwa pilkada harus diikuti sekurangnya dua pasang calon.

ICW: Pilkada Serentak 2020 Mesti Ditunda Karena Rawan Kecurangan dan Berbahaya

Halaman: 
Penulis : Syukron Fadillah, Vicky Anggriawan