logo


Atasi Anemia dengan Rajin Konsumsi 5 Makanan Ini

Anemia atau kekurangan darah terjadi akibat ketidakmampuan tubuh dalam menghasilkan sel darah merah

6 Agustus 2015 00:00 WIB

Ilustrasi anemia. (Ist)
Ilustrasi anemia. (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM –  Agar tetap sehat dan bugar, tubuh kita membutuhkan jumlah darah yang cukup atau dalam kondisi normal. Kalau jumlah darah (hemoglobin) kurang dari batas normal maka penyakit anemia akan menyerang Anda. Hemoglobin memiliki peran yang penting di dalam tubuh manusia.

Anemia atau kekurangan darah terjadi akibat ketidak mampuan tubuh dalam menghasilkan sel darah merah. Beberapa penyebab terjadinya anemia biasanya disebabkan oleh pendarahan yang berlebihan, rusaknya sel darah merah atau hematopoises yang tidak efektip serta kurangnya zat besi dalam tubuh, kurang vitamin B12, kekurangan asam folat atau sedang menjalai diet ketat. Sehingga, gejala penyakit anemia yang sering dikeluhkan oleh para penderita berupa pusing, lesu, sesak napas serta merasa depresi.
 
Hal ini mungkin sekilas terkesan sebagai masalah ringan. Namun anemia sebaiknya jangan disepelekan. Karena darah rendah bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Untuk mengatasi anemia, kita harus selektif dalam mengonsumsi makanan-makanan yang masuk ke dalam tubuh. Berikut beberapa makanan yang bisa dikonsumsi oleh para penderita anemia. Apa sajakah itu? Simak ulasannya di bawah ini.

Senang Makan Es Batu Adalah Tanda Seseorang Alami Hal Ini

Halaman: 
Penulis : Hartati, Hasballah