logo


Dahlan Iskan Menang di Praperadilan, Hakim Putuskan Sprindik Tidak Sah!

Permohonan pemohon dikabulkan untuk seluruhnya

4 Agustus 2015 15:47 WIB

ISTIMEWA
ISTIMEWA

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Mantan Direktur Utama PT PLN Dahlan Iskan boleh tersenyum lebar. Soalnya, hakim di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan memutuskan bahwa surat penyidikan terhadap Dahlan Iskan tidak sah.

Former President Director of PT PLN, Dahlan Iskan may be grinning. As a single judge at South Jakarta District Court ruled that the letter of investigation issued for Dahlan Iskan was illegal.

"Permohonan pemohon dikabulkan untuk seluruhnya" ujar hakim tunggal Hakim Lendriaty Janis saat membacakan putusan permohonan praperadilan di Ruang Sidang utama Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (4/8).

Menurut hakim, surat penyidikan yang dikeluarkan oleh Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta Selatan pada 5 Juni 2015 untuk menetapkan Dahlan Iskan adalah tidak sah dan tidak berdasarkan hukum. Dia menilai bahwa surat tersebut dikeluarkan setelah penetapan tersangka.

Putusan ini membuat tidak ada keterikatan hukum lagi atas Dahlan Iskan dan status tersangkanya dicabut. Seluruh eksepsi yang diajukan oleh Kejati DKI Jakarta juga ditolak seluruhnya oleh hakim Lendriaty Janis.

Sedangkan biaya perkara yang ditimbulkan dibebankan kepada negara.


Dahlan Iskan Sebut Dirinya Diincar Pihak 'Berkuasa'

Soal Dahlan Iskan, Kejati Jatim Tegaskan Tidak Ada 'Rekayasa'

Halaman: 
Penulis : Ali Hamid