logo


Pendaftaran Pilkada Sudah Diperpanjang, 7 Daerah Ini Masih Usung Calon Tunggal

Proses penyelenggaraan Pilkada serentak bakal ditunda pada tahun berikutnya

4 Agustus 2015 00:00 WIB

Ferry Kurnia Rizkiyansyah. (Ist)
Ferry Kurnia Rizkiyansyah. (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Setelah diperpanjang, kini hanya tersisa tujuh daerah saja yang masih memiliki calon tunggal. Itulah yang disebutkan Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah pada penutupan pendaftaran calon pukul empat kemarin.

"Tentang ketujuh daerah tersebut KPU pusat engambil kebijakan agar KPU daerah mengeluarkan berita acara bahwa tidak ada pendaftaran lagi," ungkap Ferry Kurnia Rizkiyansyah di gedung KPU, selasa (4/8).

Ketujuh daerah yang masih mengusung calon tunggal itu adalah Blitar, Pacitan, Surabaya, Timor Tengah Utara, Mataram, Samarinda dan Tasikmalaya. Terkait hal itu, KPU Daerah memilih sikap untuk menoleransi kepada calon kepala daerah dengan kembali memperpanjang masa pendaftaran hingga 5 Agustus mendatang.

Barulah setelah tanggal tersebut rapat pleno bakal digelar oleh KPUD. Dimana rapat tersebut mengagendakan pengambilan keputusan ataupun ketetapan tentang surat keputusan dari masing-masing daerah tentang penundaan Pilkada di daerahnya pada 2015.

Sesuai dengan PKPU 12/2015, dimana jika tidak terdapat dua pasangan calon pada masa pendaftaran kedua, maka proses penyelenggaraan Pilkada serentak bakal ditunda pada tahun berikutnya.

"Teman-teman KPU di daerah masing-masing akan mengeluarkan surat penundaan," terangnya.

Terkait penundaan tersebut, KPU sedang menunggu panggilan dari Kemendagri untuk membicarakan polemik calon tunggal ini.

"Kami tunggu hari ini apakah ada koordinasi lebih lanjut terkait penundaan ini. Kami tunggu saja apakah nanti ada undangan atau tidak," pungkasnya.

Soal Konser Musik di Kampanye, KPU: Dilaksanakan Secara Daring

Halaman: 
Penulis : Syukron Fadillah, Vicky Anggriawan