logo


Kementan: Penghentian Impor Jagung Tak Berdampak Pada Harga Pakan

Ada beranggapan bahwa penghentian impor jagung berimbas dengan lonjakan harga pakan ternak

4 Agustus 2015 00:00 WIB

Petani jagung sedang menyortir jagung hasil panen. (Ist)
Petani jagung sedang menyortir jagung hasil panen. (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Langkah penghentian impor jagung yang dilakukan oleh Kementerian Pertanian (Kementan) dinilai oleh banyak pihak sangat mendadak. Bahkan, banyak yang memprediksikan bahwa penghentian impor jagung tersebut memicu ketidakpastian pasokan bahan baku bagi industri pakan, sehingga memicu lonjaknya harga pakan.

Terkait dengan langkah tersebut, Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengatakan, dipastikan tidak ada kelonjakan harga pakan jagung pasca penghentian impor. "Tidak ada kelonjakan harga pakan pasca penghentian impor ini," kata Amran, Senin (3/8), di Gedung Kementan, Jakarta.

Lebih lanjut, Amran sangat berharap agar upaya meningkatkan kemandirian pangan yang dicanangkan oleh pemerintah tersebut, didukung oleh para pengusaha. Pasalnya, penghentian sementara impor jagung itu, juga menjadi langkah untuk memperdayakan hasil jagung lokal.


Terkait Impor Jagung, Buwas: Kenapa Harus Impor...

Sementara itu, Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Muladno, mengatakan bahwa pemerintah tetap akan bertanggung jawab untuk setiap impor jagung yang saat ini sedang dalam perjalanan ke Indonesia. "Pemerintah sedang memikirkan berbagai hal terkait dengan sejumlah perusahaan yang sudah melakukan impor, dan yang sudah tiba di pelabuhan. Dan bahkan yang masih sedang dalam perjalanan ke Indonesia," kata Muladno, Senin (3/8), di Gedung Kementan, Jakarta.

Bahkan Muladno memastikan bahwa jagung impor yang sudah dalam perjalanan masuk, tetap akan diserap oleh pasar indonesia. "Saat ini pemerintah sedang memikirkan hal tersebut. Dan sebagai informasi terhitung sejak 22 Juli 2015, pemerintah menghentikan sementara impor jagung dengan cara menahan surat persetujuan pemasukan (SPP) impor jagung," imbuhnya.

 

 

Mantap! Panen Jagung di Gunungkidul Berjalan Sukses

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Christophorus Aji Saputro