logo


Lezatnya Ayam Goreng Penyet dengan Sensasi Sambal yang Garang Banget!

Hidangan Ayam Penyet ala Pakde ini konon memiliki rasa yang tak perlu diragukan lagi

3 Agustus 2015 00:00 WIB

Ayam Penyet Pakde (Hartati/Jitunews)
Ayam Penyet Pakde (Hartati/Jitunews)

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Satu lagi tempat yang tidak boleh Anda lewatkan untuk menikmati hidangan Ayam Penyet cita rasa ayam gurih dengan sambel yang pedas. Yaitu Ayam Penyet Pakde yang terletak di dalam halaman rumah warga yang tak jauh dari gedung Cyber, Kuningan Barat-Jakarta Selatan.
 
Untuk urusan menu, hidangan Ayam Penyet ala Pakde ini konon memiliki rasa yang tak perlu diragukan lagi. Bangkit dari rasa keingin tahuan akan cita rasanya yang sudah cukup terkenal ini, Jitunews pun bergegas datang dan ingin membuktikannya sendiri.

Adalah Ferry yang merupakan owner dari Ayam Penyet Pakde ini. Kepada kami ia mengaku kalau menu penyetan yang sudah cukup populer di lidah pencinta pedas ini dibuat dari daging ayam broiler yang diungkep bersama bumbu halus berupa kunyit, bawang putih, bawang merah, ketumbar, dan jahe selama 4 jam.

Setelah empuk dan bumbu benar-benar meresap ke dalam, daging ayam ungkep yang tiap ekornya telah dipotong empat itu digoreng dalam minyak panas dan banyak hingga kecokelatan.  Kemudian, Ayam Goreng ditempatkan di atas cobek lalu dipenyet atau ditekan menggunakan ulekan hingga bentuknya jadi lebih pipih.

Permukaan atas Ayam Goreng kemudian dilumuri dengan Sambal Cobek yang dibuat dari cabai rawit segar yang diulek dengan campuran tomat, bawang putih, garam dan perasan jeruk limau.

Seporsi Ayam Penyet ala Pakde  disajikan di atas piring yang dialasi daun pisang. Perpaduan warna hijau daun dan warna merah Sambal Cobek sontak menciptakan warna-warni yang klop dan menggugah selera. Suguhan satu ini pun makin komplit dengan kehadiran sepiring nasi putih hangat yang asapnya masih mengepul serta sepotong tempe goreng yang masih panas.

Satu-dua kali mencicipi Ayam Penyet mungkin Anda belum ada reaksi yang berarti, namun lama kelamaan lidah Anda akan merasakan sengatan yang dahsyat dari pedasnya Sambal Cobek. Yaa, pedasnya langsung terasa di lidah dan rasanya bertahan di dalam mulut. Uedan pedese rek! Tanpa terasa, peluh sudah membanjiri kening hingga ke leher. Untuk Anda yang tertantang mencoba menu ekstra pedas ini, cukup membayar Rp 16.000 per porsi.

Selain Ayam Penyet pria kelahiran Yogyakarta, 23 Mei 1974 silam ini juga menyediakan aneka menu lain, mulai dari Sop Iga Sapi, Tongseng Ayam dan Sapi, Gulai Kambing, dan masih banyak menu lain dengan kisaran harga dari Rp 15.000 sampai Rp 20.000.

Oiya, sebagai saran saja. Untuk Anda yang tertantang akan pedasnya Ayam Penyet di warung yang beroprasi mulai pukul 8 pagi sampai 2 siang ini, ada baiknya Anda berkunjung saat sebelum jam makan siang. Yup, biasanya bila Anda datang pada jam-jam tersebut, jangan harap Anda dapat kebagian. So, tunggu apalagi? Buruann sambangii..!!!



Wow, Battle Chef di Batam

Halaman: 
Penulis : Hartati, Hasballah