logo


Seledri Bisa Jaga Ginjal? Ini Resepnya

Nutrisi dalam seledri ini dapat bekerja secara optimal jika diolah menjadi jus

3 Agustus 2015 08:59 WIB

Seledri diakui dapat menjaga kesehatan fungsi ginjal manusia. (Foto : IST)
Seledri diakui dapat menjaga kesehatan fungsi ginjal manusia. (Foto : IST)

JAKARTA, JITUNEWS.COM– Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang paling vital. Ia berperan dalam menyaring darah sehingga tubuh terhindar dari racun yang disebabkan oleh kotoran yang dihasilkan oleh tubuh, juga mengatur volume darah hingga mempertahankan keseimbangan dalam tubuh.

Untuk menjaga keutuhan fungsi ginjal, mau tak mau Anda harus menerapkan pola hidup sehat dan mengonsumsi makanan sehat termasuk seledri. Hah, kok seledri?

Ya, perlu Anda ketahui, seledri termasuk jenis sayuran yang sekaligus menjadi tanaman obat karena memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Menurut sejumlah riset, seledri diakui dapat menjaga kesehatan fungsi ginjal manusia. Wow!


Ikuti Kaidah 4T + 1W dalam Mengonsumsi Obat Herbal

Menilik kandungannya, daun seledri mengandung vitamin A, sementara batangnya mengandung vitamin B1, B2, B6 dan C serta folat, potassium, kalsium, besi, fosfor, magnesium, natrium dan asam amino esensial yang tinggi. Nutrisi yang terkandung di dalam seledri ini nantinya dapat bekerja secara optimal jika Anda mengolahnya menjadi jus.

Nah, bagi Anda yang penasaran ihwal manfaat seledri ini, di bawah ini JITUNEWS akan uraikan beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menjaga fungsi ginjal dengan menggunakan seledri.

Pertama-tama, ambillah satu ikat daun seledri dan cuci hingga tidak tersisa lagi kotoran yang menempel. Potonglah seledri menjadi ukuran yang kecil dan masukkanlah ke dalam panci
Langkah selanjutnya, rebus potongan seledri tersebut selama 10 menit dan dinginkan untuk beberapa saat. Ramuan seledri pun sudah siap.

Sebagai anjuran,  sebaiknya Anda mengkonsumsi satu gelas per harinya untuk membantu mengurangi racun yang menumpuk keluar didalam air seni.

Tertarik mencobanya di rumah? Semoga bermanfaat ya!

Obati Gagal Ginjal dengan Daun Sukun

Halaman: 
Penulis : Riana