logo


Anak Anda Batuk? Beri Saja Ramuan Daun Selasih!

Efektivitas daun selasih diyakini sama seperti aspirin dan ibuprofen

31 Juli 2015 13:51 WIB

Ilustrasi anak kecil batuk. (Ist)
Ilustrasi anak kecil batuk. (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Saat musim pancaroba, biasanya banyak orang yang terserang batuk. Tak terkecuali pada anak. Batuk pada anak, baik yang berdahak maupun kering, sama-sama dirasa mengganggu aktivitas sehari-hari seorang anak. Dalam kondisi ini, tentu kita sebagai orang tua akan kuatir kan?

Biasanya, untuk meng-handle kondisi tersebut, para orang tua akan langsung memberikan obat pereda batuk, baik yang ada di pasaran ataupun langsung dari dokter. Namun, para ahli menganjurkan para orang tua agar lebih berhati-hati saat berupaya meredakan batuk pada anak dengan memberikan obat batuk yang dapat dibeli dengan mudah di pasaran dengan selalu membaca baik-baik keterangan yang terdapat pada label obat tersebut. Obat batuk yang mengandung dekstromethorpan dan guaifenesin sebaiknya dihindari karena terlalu keras untuk anak, apalagi yang berusia di bawah 4 tahun.

Nah, bagi Anda yang enggan memberikan obat, ternyata ada cara alami lho redakan batuk pada anak, yakni dengan menggunakan daun selasih.


Obati Gagal Ginjal dengan Daun Sukun

Sekilas penampakan daun selasih ini mirip dengan kemangi, maka tak heran jika sangat sulit membedakannya dengan daun kemangi. Hal tersebut sangat wajar, karena daun selasih masih satu kelas dengan daun kemangi yang juga memiliki khasiat yang sama untuk kesehatan tubuh.

Efektivitas daun selasih diyakini sama seperti aspirin dan ibuprofen. Yang menguntungkan, selasih juga tidak mengiritasi perut. Itu karena pada herba ini terdapat lebih unsur yang mencegah perlukaan dalam tubuh.

Bagian-bagian dari tanaman selasih yang dapat digunakan sebagai bahan pengobatan yaitu seluruh herba (daun, batang, tangkai, bunga), biji dan minyak atsiri. Seluruh bagian tanaman ini berkhasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit, baik fisik maupun psikis.

Manfaat daun selasih sebagai obat untuk meredakan batuk bagi anak didapat dengan cara meremasnya hingga mengeluarkan cairan atau saripati dari daun selasih. Ambil cariran saripati yang keluar dan seduh dengan dengan air panas. Setelah semua tercampur, berikan kepada anak Anda yang sedang mengalami batuk.

Selain meremasnya, dapat pula diramu dengan cara menumbuknya hingga saripati dari daun selasih keluar. Cukup dengan menumbuknya lalu saring saripati yang keluar, dan seduh dengan air hangat, maka manfaat saripati daun selasih dapat Anda nikmati untuk meredakan batuk.

Selain batuk, ada berbagai macam penyakit lain yang sanggup dihadapi selasih. Dalam farmakologi Tiongkok dinyatakan kalau seluruh herba ini bisa merangsang penyerapan (absorpsi), peluruh keringat (diaporetik), peluruh kencing (diuretik), menghilangkan sakit (analgesik), melancarkan peredaran darah dan membersihkan racun.

Tertarik mencoba?

Ingin Cegah Penuaan Dini, Rambutan Solusinya

Halaman: 
Penulis : Riana