logo


Penasaran Manfaat Tanaman Hias Buat Kesehatan? Baca Ini!

Kantuk bisa hilang jika kita menanam tanaman hias. Soalnya tanaman hias akan memproduksi oksigen.

31 Juli 2015 11:46 WIB

Ilustrasi. (Ist)
Ilustrasi. (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Tanaman hias tak cuman sedap untuk dipandang mata. Soalnya tanaman hias juga ternyata memiliki manfaat kesehatan yang tidak sedikit. Apa saja manfaatnya?

Berikut ini Jitunews.com akan memaparkan apa saja manfaat tanaman hias buat kesehatan. Simak yuk!

1.  Menghilangkan rasa kantuk
Kantuk bisa hilang jika kita menanam tanaman hias. Soalnya tanaman hias akan memproduksi oksigen. Dengan kadar oksigen yang pas maka kita tidak akan mudah terserang kantuk. Pasalnya penyebab kita menjadi terkantuk-kantuk adalah karena banyaknya kandungan karbondioksida di dalam ruangan.

2. Menghilangkan stres berlebih
Keindahan tanaman hias akan membuat mata menjadi sejuk melihatnya. Apalagi dengan warna-warni aneka bunga dari tanaman hias tersebut. Secara psikis keindahan tanaman hias bisa mengurangi bahkan menghilangkan stress yang sedang kita rasakan serta dapat membuat pikiran kita kembali segar.

3. Melembapkan kulit
Tanaman hias adalah filter alami udara yang dapat meningkatkan kelembapan pada suatu ruangan. Tentunya ini berguna pada kita yang berada pada ruangan tersebut karena kelembapan kulit kita terjaga.

4. Menjadi aromaterapi alami
Pemilihan tanaman tertentu untuk dijadikan sebagai tanaman hias juga dapat memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh, karena beberapa tanaman dengan aroma yang khas dapat menjadi aromaterapi alami yang baik untuk tubuh seperti bunga Lavender dan Rosemarry.

5. Mengusir nyamuk
Pusing dengan banyaknya nyamuk di dalam rumah? Usir saja dengan tanaman hias seperti Lavender, Rosemarry, bunga Lantana, dan daun mint. Tanaman itu akan mengeluarkan aroma yang sangat tidak disukai oleh nyamuk.

6. Menghilangkan bau tidak sedap
Anda punya palem di rumah? Jika punya maka pohon itu bisa menjadi pengusir bau tidak sedap. Pohon palem mampu menghilangkan Formaldehida yang biasa ditemukan dalam cat , furniture dan lem.

7. Melegakan pernapasan
Pemilihan jenis tanaman Eucalyptus, tanaman ini bermanfaat untuk menghilangkan dahak dan melegakan sistem pernapasan. Selain itu tanaman ini juga dapat melegakan hidung yang sedang mampet karena flu, karena tanaman ini memilki anti septik alami. Caranya pun cukup mudah hanya dengan menghirup aromanya (jangan dimakan).

10 Tanaman Hias Langka di Dunia

Halaman: 
Penulis : Hasballah
 
×
×