logo


14 Daerah Ini Cuma Punya 1 Pasangan Calon Peserta Pilkada

Sebanyak 14 daerah mengajukan calon tunggal

30 Juli 2015 00:00 WIB

Ilustrasi kepala daerah. (Ist)
Ilustrasi kepala daerah. (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mendapati adanya tambahan tiga daerah yang hingga pendaftaran ditutup hanya memiliki calon tunggal. Sejauh ini sebanyak 14 daerah mengajukan calon tunggal.

"Ada tiga daerah, antara lain Kabupaten Pegununang Arfak Papua, Kabupaten Tidore Kepulauan, dan Kabupaten Sorong Selatan Papua Barat," jawab Komisioner KPU Arief Budiman, di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Rabu (29/7).

Maka total ada 15 daerah yang bakal melakukan perpanjangan pendaftaran calon. Sebanyak 14 daerah hanya memiliki calon tunggal, sedangkan satu daerah lain, Bolaang Mongondow Timur, dimana tidak ada satu pasangan calon yang mendaftar.

Data temuan KPU tersebut didapat setelah melakukan monitoring dan rekapitulasi terakhir pada Rabu (29/7) malam. Ia juga mengatakan, rekapitulasi yang dilakukan KPU menunjukan sebanyak 810 calon pasangan yang telah mendaftarkan diri sebagai calon kepala daerah dan wakil kepala daerah.

Sebanyak 810 pasangan calon tersebut terdiri dari 20 pasangan gubernur, 676 pasangan bupati dan 114 pasangan wali kota. Dari total pasangan tersebut, sebanyak 122 pasangan berstatus petahana.

Sebanyak 654 pasangan calon bertarung dengan dukungan partai politik, sedangkan sisanya, 156 bertarung secara independen. Arief pun mengkonfirmasi bahwa data tersebut sudahlah valid.

"Sudah di konfirmasi. Semoga tidak ada yg terselip," ujar Arief.

ICW: Pilkada Serentak 2020 Mesti Ditunda Karena Rawan Kecurangan dan Berbahaya

Halaman: 
Penulis : Syukron Fadillah, Vicky Anggriawan