logo


Pengamat: Perluasan Lahan Pertanian Perlu Dilakukan

Khudori sangat berharap agar tenaga-tenaga terlatih untuk penyuluh pertanian terus diperbanyak

28 Juli 2015 00:00 WIB

Lahan pertanian. (Ist)
Lahan pertanian. (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Perluasan lahan pertanian menjadi  salah satu prioritas Kementan dalam mencapai target swasembada pangan.

20 ribu hektar pencapaian perluasan lahan tahun ini menjadi sebuah harapan baru untuk menciptakan lahan pertanian yang jauh lebih banyak dimasa yang akan datang. Bahkan Mentan kembali menargetkan 200 ribu hektar sawah baru akan di cetak pada tahun 2016.

Pengamat pertanian, Khudori mengatakan, bahwa upaya perluasan lahan pertanian yang dilakukan oleh Kementan menjadi sebuah langkah baik untuk mencapai target swasembada pangan.

"Itu merupakan langkah yang baik untuk mencapai target pencapaian swasembada pangan," demikian kata Khudori saat dihubungi Jitunews.com, Selasa (28/7).

Terkait degan apakah dengan banyaknya lahan pertanian mampu menyedot tenaga kerja sektor pertanian, Ia mengungkapkan bahwa hal tersebut akan ada dampaknya.

"Pasti ada dampaknya ke sana, tetapi pemerintah juga perlu untuk membina para pekerja terampil di bidang pertanian agar target swasembada pangan dapat benar-benar terwujud," ujar Khudori.

Lebih lanjut, Ia sangat berharap agar tenaga-tenaga terlatih tersebut terus diperbanyak oleh pemerintah.

"Perbanyakkan para penyuluh di daerah-daerah maka keberhasilan perluasan sawah baru tidak hanya berhenti pada luasnya tanah yang di garap tetapi juga terbukti dari produksi petani yang dihasilkan," pungkasnya. 

Dituduh Kelola Konsesi Lahan, Menko Luhut: Ngapain Diumumkan, Cari Saja

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Vicky Anggriawan