logo


Wow, TPA Ini 'Sulap' Sampah Jadi Energi Loh!

TPA yang ada di Malang, Jawa Timur, ini mengolah sampah yang menumpuk menjadi listrik dan gas.

27 Juli 2015 10:48 WIB

TPA Supiturang. (Ist)
TPA Supiturang. (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Suku Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Malang, Jawa Timur (Jatim), berencana akan mengolah sampah yang menumpuk di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Supiturang untuk dijadikan energi listrik dan gas.

Kepala DKP Kota Malang, Erik S Santoso mengungkapkan, bahwa pihaknya akan mengolah sampah-sampah tersebut menjadi energi listrik dan gas. Selain itu, area TPA Supiturang juga rencananya akan diperluas agar dapat menampung kapasitas lebih.

"Kami ingin mengembangkan sampah menjadi energi listrik dan gas metannya pun juga diolah menjadi bahan bakar yang bisa menggantikan elpiji untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga warga di sekitar TPA," ungkap Erik kepada wartawan di Malang, Jawa Timur, Senin (27/7).


Hadapi Wabah Corona, PLN Siaga Jaga Pasokan Listrik Masyarakat

Sementara itu, pengolahan gas metan dari TPA Supiturang yang dijadikan sebagai pengganti Elpiji saat ini, sudah sangat memenuhi kebutuhan bahan bakar masyarakat. Untuk itu, Erik mengatakan, pihaknya akan terus meningkatkan pemanfaatan sampah tersebut menjadi energi gas.

"Sebenarnya gas metan di TPA Supiturang ini sudah dimanfaatkan untuk menggantikan elpiji, namun kapasitasnya belum terlalu banyak, kita akan kembangkan lebih besar lagi," lanjutnya.

Sebelumnya, dengan adanya peningkatan volume sampah selama Ramadhan hingga Lebaran tahun ini, pihaknya dituntut untuk bekerja ekstra keras. Sebab, aktivitas pengangkutan sampah dari Tempat Pembuangan Sementara (TPS) ke TPA Supiturang meningkat tajam.

Pasalnya, selama Ramadhan hingga Lebaran 2015, jumlah sampah di TPA Supiturang mencapai 700 ton per hari. Jumlah tersebut melebihi kapasitas TPA yang hanya mampu menampung 420 ton per hari.

PLN Sudah Beri Diskon dan Gratiskan Listrik ke 8,5 Juta Pelanggan

Halaman: 
Penulis : Deni Muhtarudin