logo


Pengencer Dahak dan Obat Batuk Alami, Ya Kilebur!

Di semenanjung Malaysia, ramuan akar kilebur dimanfaatkan sebagai lotion untuk rematik

24 Juli 2015 12:19 WIB

Tanaman kilebur. (Ist)
Tanaman kilebur. (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Keanekaragaman tanaman obat di Indonesia tak ada habisnya. Salah satu tanaman obat yang dipercaya mampu mengobati penyakit demam, batuk, dan penyakit kulit adalah tanaman kilebur.

Secara morfologi, tanaman yang dikenal dengan nama mendulai (Palembang) dan hanyur buut (Sunda) ini merupakan tanaman merambat memanjat. Batangnya keras membuat, panjangnya mencapai 25 meter. Ia pun memiliki daun membuandar telur-lonjong dengan pangkal membulat atau menjatung lancip. Bunya berwarna merah atau merah kekuningan, buahnya membulat bergerombol, berdiameter 5-8 cm. Saat muda, buah tanaman ini berwarna hijau kekuningan, sementara saat masak berwarna merah. Buahnya sendiri bisa dimakan, rasanya masam dan berair.

Bagian yang dimanfaatkan dari tanaman yang bernama latin Kadsura scandens (BI) ini adalah akar, batang dan buah. Menilik kandungan kimianya sendiri, tanaman ini mengandung bi-benzocyclo-octadienoid (kadsurin), dan triterpene lactones (kadsulacton).


Obati Gagal Ginjal dengan Daun Sukun

Di semenanjung Malaysia, ramuan akar kilebur dimanfaatkan sebagai lotion untuk rematik. Sementara di Tiongkok, kulit batang digunakan untuk mengobati gangguan menstruasi dan kekurangan darah.

Nah, bagi Anda yang tertarik mengaplikasikan tanaman ini untuk mengobati batuk dan mengeluarkan dahak, caranya mudah. Anda hanya cukup merebus akar dan batang kilebur dengan air bersih, kemudian airnya diminum. Atau, Anda pun bisa memakan buahnya secara langsung.

Semoga bermanfaat ya!

Ingin Cegah Penuaan Dini, Rambutan Solusinya

Halaman: 
Penulis : Riana