logo


Cetak Sawah di Merauke, Kemenpupera Bantu Sarana Irigasi

Ada 10 hektar sawah yang bakal dicetak di Merauke

23 Juli 2015 00:00 WIB

Istimewa
Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Pencetakan sawah baru di wilayah Merauke hampir menyentuh angka 10 ribu hektar. Namun atas hasil tersebut, peran Pekerjaan Umum di bawah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) pun dipertanyakan perannya.

Menteri Kemenpupera Basuki Hadi Moeljono pun menilai, lokasi persawahan di Merauke berdiri di ladang rawa yang datar, untuk itu dibutuhkan pembangunan long storage. Jika tidak, maka sawah tidak akan bisa dialiri oleh air. Long storage itu sendiri nantinya berguna sebagai penampung air sekaligus mengairi area sawah.

"Karena sifatnya rawa flat dan dijadikan sawah, maka kita akan membangun long storage untuk kebutuhan irigasi rawa," ucap Menteri Basuki, di Jakarta.

Pembangunan long storage sejauh ini terhambat oleh banyaknya lokasi pemukiman transmigran. Dahulu, lanjut Basuki, sebelum adanya rencana tersebut, lokasi pembangunan berada di sekitar kawasan transmigran. Tetapi kini, kawasan akan dikembangkan tidak hanya di kawasan transmigran.


Tiga Pilar Utama Pemerintah Sukseskan Upaya Perang Melawan IUU Fishing

"Sudah dikerjakan, sekarang kita arahkan pembangunan tidak hanya di kawasan transmigran. Memang sebelum adanya rencana, pembangunan kita fokuskan di daerah pemukiman," tambahnya.

Selain itu, Menteri Basuki juga sempat menyinggung tentang pembangunan Trans Papua sepanjang 900 km. Kabarnya, proyek tersebut bakal rampung pada tahun 2018. Ia juga menerangkan bahwa proyek Trans Papua bakal memakan anggaran sekira Rp 12 triliun.

"Kalau Trans Papua targetnya 2018 selesai, dan membutuhkan anggaran sekira Rp 12 koma sekian triliun. Anggaran tersebut selama 2016, 2017, 2018, jika melihat anggaran tahunan kita sekarang bisa," pungkasnya.  

Sebagai informasi, tahun ini sebesar Rp 6 triliun digelontorkan untuk Papua, dan Rp 4 triliun untuk Papua Barat. Pengeluaran anggaran yang maksimal dinilai Menteri Basuki sebagai bentuk percepatan pembangunan di wilayah Indonesia paling Timur tersebut. Sebagai gambaran, selain Trans Papua yang bakal menghabiskan dana sebesar Rp 12 triliun, ada pembangunan lain seperti jembatan dan jalan nasional di negeri cendrawasih tersebut.

Mendekati Hari-H Lebaran, Pemerintah Diminta Antisipasi Lonjakan Harga Daging

Halaman: 
Penulis : Syukron Fadillah, Christophorus Aji Saputro