logo


10 Manfaat Luar Biasa Mentimun Bagi Kesehatan

Sterol yang ada didalam air mentimun dapat membantu menghilangkan kolestrol jahat dari dalam tubuh

23 Juli 2015 00:00 WIB

Mentimun
Mentimun

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Mentimun merupakan tumbuhan yang menghasilkan buah yang dapat dimakan. Buahnya biasanya dipanen ketika belum masak benar untuk dijadikan sayuran atau penyegar, tergantung jenisnya. Ternyata mentimun dapat membuat kesehatan Anda terjaga dengan baik dan akan mencegah beberapa penyakit. Caranya dengan merendam irisan mentimun di dalam air selama 12 jam, kemudian minum air mentimun tersebut. Anda bisa membuat mentimun dengan cara di iris kemudian taruh dalam botol air dan kemudian meminumnya. Senyawa aktif, seperti vitamin, mineral dan antioksidan dari mentimun akan tercampur ke dalam air. Selain dapat mendinginkan dan menyegarkan tubuh, tetapi juga bisa menawarkan banyak manfaat kesehatan.

Mentimun kaya akan vitamin C, K dan vitamin B. Selain itu, mentimun juga mengandung tembaga, kalium, mangan dan antioksidan. Jadi, mulai dari sekarang, tambahkan mentimun dalam minuman Anda untuk melindungi diri dari berbagai penyakit dan kekurangan gizi. Seperti yang dilansir dari Boldsky, berikut beberapa penyakit yang bisa dicegah jika Anda rutin mengonsumsi air mentimun.

1. Membantu melawan kanker
Tingginya kandungan antioksidan seperti pinoresinol dan lain-lain yang terkandung dalam air mentimun, dapat mengurangi risiko beberapa penyakit kanker. Kandungan antioksidannya dapat menangkal radikal bebas dari dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan kanker.

2. Mengurangi kolestrol jahat
Sterol yang ada didalam air mentimun dapat membantu menghilangkan kolestrol jahat dari dalam tubuh. Sehingga bisa mencegah Anda dari penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Mentimun juga mengurangi pembekuan pembuluh darah sehingga tidak akan ada pembatasan aliran darah.

3. Ginjal
Mentimun dapat mengurangi kadar asam urat dalam tubuh Anda yang bisa menyebabkan penyakit asam urat. Air mentimun sanggup menghilangkan kreatinin, yaitu asam urat dan produk-produk limbah lainnya yang terakumulasi di ginjal, dengan demikian, hal tersebut dapat membantu ginjal Anda berfungsi dengan baik.

4. Otak
Mentimun mengandung anti-inflamasi, fisetin yang terkandung didalam mentimun dapat menjaga kesehatan otak dan mengurangi peradangan. Air mentimun mampu mencegah kerusakan otak dengan meningkatkan aliran darah ke otak.

5. Bau mulut
Kandungan phytochemcials dalam air mentimun mampu membunuh bakteri di dalam mulut yang dapat menyebabkan bau mulut.

6. Mencegah pembengkakan
Air mentimun meningkatkan volume dan frekuensi buang air keecil. Ini akan mengurangi pembengkakan tangan dan kaku yang disebabkan oleh retensi air.

7. Untuk tulang dan otot
Mentimun dapat memperkuat jaringan ikat dan membuat tulang Anda sehat. Air mentimun juga kaya akan silika yang penting untuk pengembangan jaringan ikat.

8. Memperkuat imunitas
Vitamin yang terkandung dalam air mentimun, seperti vitamin C dan B kompleks dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Vitamin C nya dapat mempercepat penyembuhan dan pemulihan dari penyakit.

9. Membersihkan tubuh
Air mentimun memiliki efek detoksifikasi, yang akan membersihkan racun dari tubuh Anda. Air mentimun juga membantu organ-organ tubuh Anda agar bekerja lebih efektif.

10. Untuk kulit dan rambut
Antioksidan dalam mentimun yang terendam dalam air, mampu membuat kulit Anda lebih bersih dan segar. Sedangkan sulfur dan silikon dalam mentimun bisa membantu pertumbuhan rambut.

Jarang Diketahui, Inilah Segudang Manfaat Minum Air Hangat

Halaman: 
Penulis : Suciati, Hasballah