logo


Ini Dia Proses perawatan dan Pemanenan Rumput Laut di Tambak

Bila kondisi air sudah tidak bagus, segera lakukan penyalinan air baru

20 Juli 2015 00:00 WIB

ilustrasi
ilustrasi

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Untuk merawat rumput laut yang di tanam dalam harus selalu rutin dalam melihat keadaan air. Hal tersebut merupakan faktor penting agar rumput laut terhindar dari hama gulma yang sewaktu-waktu dapat menyerang pertumbuhan dari rumput laut itu sendiri. 

Selalu membersihkan lumut yang menempel pada dinding tambak juga harus sering dilakukan agar kebersihan air serta tambak tetap terjaga. Bila kondisi air sudah tidak bagus, segera lakukan penyalinan air baru untuk mengantisipasi terjadian kematian.

Proses pemanenan budidaya rumput laut di tambak dilakukan pada usia 2 bulan. Pemanenan dilakukan dengan cara mengambilnya dengan tangan lalu dikumpulkan ke dalam rumput laut yang sudah mencapai bobot 600 gram. Bobot rumput laut yang sudah mencapai 600 gram sudah layak di jual kepada para pengepul dan konsumen.


Jaga Persaingan di Pasar Global, KKP Tingkatkan Kualitas Rumput Laut Nasional

Biasanya para pembeli banyak yang meminta untuk dicuci terlebih dahulu hingga bersih dengan air yang berada di tambak. Sesaat setelah dibersihkan, rumput laut di jemur selama 4 hari untuk mendapatkan kadar air yang mencapai 19 persen. (sumber: budidaya7.blogspot.com)

KKP Ajak Perguruan Tinggi Berkotribusi dalam Pembangunan Perikanan

Halaman: 
Penulis : Aditya Wardhana, Hasballah