logo


Ini Cara Jitu Perbaiki Neraca Keuangan PLN

Cara jitu ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan perseroan dalam memperoleh pendanaan

20 Juli 2015 02:55 WIB

ISTIMEWA
ISTIMEWA

JAKARTA JITUNEWS.COM - Ketua Tim Ahli Wakil Presiden, Sofjan Wanandi mengungkapkan, bahwa perubahan mekanisme penyaluran subsidi listrik bisa menjadi cara ampuh memperbaiki neraca keuangan PT Perusahaan Listrik Negara/PLN (Persero) Tbk.

Menurutnya Pemerintah berencana memperbaiki neraca utang PLN yang selama ini membengkak akibat perjanjian sewa dalam Independent Power Producer (IPP). “Kemarin dibicarakan, akan dibereskan supaya utang-utang PLN bisa secepatnya diperbaiki,” ungkap Sofjan kepada wartawan baru-baru ini di Jakarta.

Sofjan mengatakan, bahwa Pemerintah masih mempelajari strategi dan cara yang tepat untuk memperbaiki hal tersebut. Salah satu pilihan strateginya adalah melalui perubahan penyaluran subsidi listrik.


Naik Mobil Listrik dari Jakarta ke Surabaya, Jangan Khawatir Lagi!

Selama ini, Sofjan menjelaskan, subsidi listrik diberikan melalui PLN kepada pengguna listrik dengan golongan maksimal 900 watt. Nantinya penyaluran subsidi tersebut akan diubah menjadi langsung diberikan oleh Pemerintah kepada masyarakat miskin tanpa melalui PLN terlebih dahulu, yakni melalui Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

“ Jadi PLN tidak perlu ikut campur lagi soal subsidi supaya bisa lebih konsentrasi pada bisnisnya. Ini sekaligus membenahi neraca keuangan PLN,” jelas Sofjan.

Sofjan menambahkan, perbaikan neraca keuangan ini diharapkan bisa meningkatkan kemampuan perseroan dalam memperoleh pendanaan. Pasalnya selama ini nilai investasi PLN mendominsasi hingga 60% dari total investasi infrastruktur yang mencapai Rp 200 triliun selama 5 tahun ke depan.

Dapat Dana USD 500Juta dari MIGA, PLN Garap Infrastruktur Kelistrikan Berbasis EBT dan Ramah Lingkungan

Halaman: 
Penulis : Deni Muhtarudin
 
×
×