logo


Memanen Laba Cantik dari Usaha Budidaya Tomat Cherry, Tertarik?

Hambatan yang selama ini dialami adalah adanya perubahan cuaca yang drastis

19 Juli 2015 09:24 WIB

 Tomat cherry ini dapat dipanen 2 hari sekali sampai sekitar 5-6 bulan lamanya. (Foto : IST)
Tomat cherry ini dapat dipanen 2 hari sekali sampai sekitar 5-6 bulan lamanya. (Foto : IST)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Anda seseorang penggemar tanaman? Bagi Anda yang menggemari atau mempunyai hobi bertanam, tidak ada salahnya untuk menjadikan hobi Anda menjadi peluang usaha yang menjanjikan kesuksesan.

Banyak sekali pilihan peluang bisnis yang berhubungan dengan tanaman. Anda bisa menekuni bisnis tanaman hias atau tanaman obat sesuai dengan keinginan Anda, salah satu contohnya adalah bisnis tanaman tomat cherry hidroponik.

Nah, sebelum Anda terjun menggeluti usaha ini, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Berikut ini adalah beberapa informasi yang perlu Anda ketahui mengenai cara bertanam tomat cherry :

1. Syarat lingkungan
Tomat cherry cocok ditanam pada daerah ketinggian 600-1500 mdpl dan bersuhu 17-28 derajat celcius.

2. Penyemaian dan penanaman
Biji tomat cherry terlebih dahulu dijadikan bibit selama satu bulan. Penyemaian bibit menggunakan tray atau wadah persemaian berbentuk kotak bersekat berbahan plastik yang diisi dengan media tanam berupa rock wool atau bentuknya mirip sabut kelapa. Setelah satu bulan dan tinggi mencapai 15 cm barulah bibit bisa dipindahkan ke lokasi tanam di dalam green house. Bibit tersebut ditanam dalam polybag ukuran 30-35 cm berisi arang sekam yang disusun berjajar.

3. Pemeliharaan
Selama pemeliharaan, kondisi green house usahakan selalu tertutup dan steril agar tanaman tidak terserang penyakit. Pengecekan tanaman harus rutin terutama terhadap serangga dan membuang daun tua supaya area tanam tetap bersih dan juga buang buah yang sudah penyok bekas kena kuku atau pecah. Untuk penyiraman tanaman tomat dilakukan bersama dengan pemupukan menggunakan alat drip irigation atau irigasi tetes. Pupuk dilarutkan dalam air dan disiram ke tanaman. Sehari penyiraman dilakukan 2 kali dan dikondisi yang panas bisa 3 kali sehari.

Bisnis Gerai Oleh-oleh dengan Omset Ratusan Juga Ini Bisa Dicoba

Halaman: 
Penulis : Suciati, Riana