logo


Alasan Dibalik Penetapan Lebaran pada 17 Juli 2015

Menteri Agama Lukman Hakim Saefuddin menyatakan ada alasan penetapan itu.

16 Juli 2015 20:13 WIB

Menteri Agama Lukman Hakim Saefuddin.(Ist.)
Menteri Agama Lukman Hakim Saefuddin.(Ist.)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sidang Isbat yang telah usai digelar di Kementerian Agama, menetapkan 1 Syawal 1436 H jatuh pada malam ini. Menteri Agama Lukman Hakim Saefuddin menyatakan ada alasan penetapan itu.

"Hilal tersebut telah terlihat di sejumlah daerah. Di Pelabuhan Ratu, hilal sudah berada pada 3,11 derajat," ungkap Lukman di Kementerian Agama, Kamis (16/07).

Lukman mengungkapkan pihaknya telah mendapat laporan dari tim pemantau hilal di 4 daerah Indonesia. Laporan itu menyebut bahwa saksi yang disumpah itu telah melihat hilal.

Tempat tersebut yakni Bukit Condro Dipo, Gresik, Jawa Timur. Di lokasi tersebut,  tambah Lukman, 5 saksi telah melihat. "Dan mereka sudah disumpah oleh Pengadilan Agama di Gresik," papar Lukman.

Lokasi lain, kata dia, Tanjung Kodok Lamongan, Jawa Timur. Hilal juga sudah terlihat di Bojonegoro, Jawa Tengah. "Saksi di tempat ini adalah Camat. Dia juga sudah disumpah oleh pengadilan agama," ujar Lukman.

Tempat terakhir, terletak di Kepulauan Seribu. "Dengan adanya keempat itu, kita seluruh peserta sidang Isbat menyepakati bahwa malam ini kita sudah memasuki 1 Syawal 1436 Hijriah," pungkas Lukman.

Silaturahmi Lebaran ke Jokowi, AHY Ucapkan Terima Kasih, "Beliau Juga Sangat Mengharukan..."

Halaman: 
Penulis : Tommy Ismaya