logo


Hilal Terlihat, Idul Fitri Dirayakan Serempak Besok Jumat

Untuk itu Idul Fitri di tahun ini dirayakan secara serentak di seluruh Indonesia

16 Juli 2015 18:22 WIB

ISTIMEWA
ISTIMEWA

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Usai berbuka puasa, Menag RI Lukman Hakim Saifuddin melanjutkan jalannya Sidang Isbat. Didampingi Ketum MUI Din Syamsuddin dan Direktur Jenderal Bimas Islam Machasin, sidang dibuka pukul 18.30 WIB.

"Kita akan memulai Sidang Isbat dalam rangka penetapan 1 Syawal 1436H. Menjelang magrib bersama kita mendengar paparan posisi hilal pada sore hari tidak dari seluruh tanah air dan 8 negara lain. Posisi hilal memang beragam, tapi setidaknya yang dipantau di Pelabuhan Ratu 3,11 derajat," ujar Lukman saat memberi sambutan dalam Sidang Isbat di Kemenag, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (16/7).

Menurutnya karena posisi hilal sudah terlihat maka secara resmi malam ini sudah memasuki malam 1 Syawal. "Untuk itu Idul Fitri di tahun ini dirayakan secara serentak di seluruh Indonesia," katanya

Ketua PP Muhammadiyah Dien Syamsuddin juga bersyukur karena dengan terlihatnya hilal maka Idul Fitri bisa dirayakan serentak. "Mari kita rayakan hari kemenangan ini dengan mengumandangkan takbir bersama-sama," katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, tim astronomi harus mengumpulkan informasi dan data dari 116 titik yang merukyat di Indonesia. Informasi sementara sampai dengan pukul 08.24 WIB, di Pelabuhan Ratu pada saat glurub tinggi hilal Mar'i mencapai 3,11 derajat.

Jarak busur bulan dari matahari 5,72 derajat. Beda Azimuth bulan-matahari 4,80 derajat. Umur hilal 9 jam 26 menit 52 detik. Fraksi iluminasi hilal 0,32 persen.

Minta Maaf ke Warga di Open House, Jokowi Akan Mudik ke Solo

Halaman: 
Penulis : Ali Hamid