logo


Ini Dia Cara Menanam dan Pemberian Bibit Rumput Laut di Tambak

Metode Brodcast merupakan cara yang paling efektif dalam budidaya rumput laut di tambak

16 Juli 2015 00:00 WIB

ilustrasi
ilustrasi

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Sebelum melakukan penanaman Budidaya rumput laut, sebaiknya tanah yang berada di dalam tambak diangkat terlebih dahulu untuk melakukan proses pematangan. 

Setelah tanah sudah mengering, masukkan kembali ke dalam tambak dan berikan pupuk urea 4 sampai 5 kg serta masukkan pupuk kandang 1 sampai 2 ton pada lahan seluas 1 hektar. Proses ini berguna untuk mempercepat pertumbuhan bibit tanaman. Penyediaan bibit rumput laut dapat diperoleh dari perusahaan yang mengembangkan bibit rumput laut bagus serta berkualitas .

Seperti yang dilansir Budidaya7.blogspot.com, penanaman dilakukan petani dengan menggunakan cara broadcast, yakni menebarkan bibit secara merata di dalam tambak. Metode ini merupakan cara yang paling efektif karena dapat meringankan tenaga yang harus dikeluarkan. 


KKP Ajak Perguruan Tinggi Berkotribusi dalam Pembangunan Perikanan

Setelah umur bibit sudah mencapai 15 hari, lakukan pengecekan bila banyak rumput laut yang menumpuk karena tertiup angin atau ombak. Segera lakukan pemisahan dan tebar kembali ke dalam tambak yang masih kosong. Pengontrolan ini harus sering dilakukan sampai memasuki usia panen. 

Dalam metode penebaran seperti ini, dapat diperkirakan pembelian bibit hanya membutuhkan 1 ton tiap 1 hektar. Sebaiknya menebar bibit rumput laut dilakukan di pagi dan sore hari untuk mencegah terjadinya kekeringan bibit. 

KKP Benahi Tata Niaga Rumput Laut di Sumba Timur

Halaman: 
Penulis : Aditya Wardhana, Hasballah