logo


Pengamat Hilal Akui Hilal Sudah Terlihat, 1 Syawal Jatuh Jumat (17/7)

Dengan dasar tersebut maka 1 syawal berdasarkan kajian astronomi jatuh pada Jumat (17/7).

16 Juli 2015 18:04 WIB

ISTIMEWA
ISTIMEWA

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Tim Badan Hisab Rukyat Kementerian Agama memastikan bahwa hilal sudah terlihat di Pelabuhan Ratu di ketinggian 3,11 derajat dengan jarak busur bulan dari matahari 5,27 derajat. Usia hilal adalah 9 jam 26 menit 52 detik dan fraksi iluminasinya adalah 0,32 persen.

Pakar astronomi dari Badan Hisab Rukyat Kementerian Agama Cecep Nuwendaya mengatakan bahwa ketinggian hilal sudah memenuhi syarat awal yakni harus memenuhi ketinggian minimal 2 derajat, elongasi bulan dan matahari 3 derajat atau umur hilal 8 jam.

"Sebenarnya posisi hilal diakui tidak diakui dan itu harus jadi referensi, hilal teramati di wilayah Indonesia," kata Cecep dalam paparannya di Kementerian Agama, Kamis (16/7)

Dengan dasar tersebut maka 1 syawal berdasarkan kajian astronomi jatuh pada Jumat (17/7).Namun paparan tersebut belum bisa diambil kesimpulan. Paparan tersebut akan menjadi pertimbangan yang akan dibawa dalam sidang itsbat yang dilakukan setelah maghrib.

Kementerian Agama RI menggelar sidang itsbat dalam rangka menentukan 1 Syawal 1436 Hijriah yang menandakan Hari Raya Idul Fitri sudah tiba.

Sidang itsbat digelar di Kantor Kementerian Agama RI Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (16/7/2015) yang diawali paparan posisi hilal awal Syawal oleh Tim Badan Hisab Rukyat Kementerian Agama mulai pukul 17.00 WIB.

"Seperti biasa bahwa akan diawali paparan pakar astromi hisab dan rukyat menjelaskan posisi hilal terakhir saat ini dilihat dari seluruh wilayah tanah air, bahkan berbagai bagian dunia, tingginya berapa," kata Menteri Agama RI Lukman Hakim Saefuddin di Kementerian Agama.

Harapan Besar Pembuat Tahu Kecil

Halaman: 
Penulis : Ali Hamid