logo


Punya Masalah Pencernaan? Minum Teh Ini Saja!

Meski sudah direbus atau diseduh, daun mint tetap memiliki aromaterapi yang baik

14 Juli 2015 14:43 WIB

Teh yang terbuat dari daun mint. (Ist)
Teh yang terbuat dari daun mint. (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Daun mint, ia sudah sejak lama dikenal sebagai tanaman herbal yang punya banyak khasiat. Bahkan saat ini daun mint sudah banyak diolah menjadi campuran untuk pasta gigi, obat kumur dan produk lainnya.

Daun mint mengandung serat, air, karbohidrat protein, asam aspartat, gluttamico, alanin, dan juga mengandung vitamin A, B, C dan D ini sangat baik untuk kesehatan tubuh. Salah satu khasiat yang didapat dari daun mint adalah sebagai penyembuh alami untuk sakit perut karena sifatnya yang menyejukkan dan menenangkan sekaligus anti-inflamasi.

Kini, kesegaran daun mint pun tersaji dalam bentuk teh. Anda yang mengalami radang lambung, perut mulas, mual, muntah, diare bahkan konstipasi sangat dianjurkan minum teh daun mint ini. Teh daun mint memiliki sifat dingin yang sesuai untuk meredakan sakit atau nyeri pada perut karena susah buang air besar. Kandungan dalam daun mint yang diseduh akan membantu mengeluarkan angin atau gas yang terjebak di dalam sistem pencernaan sehingga perut lebih ringan dan jauh dari kembung dan sakit perut.


Obati Gagal Ginjal dengan Daun Sukun

Meski sudah direbus atau diseduh, daun mint tetap memiliki aromaterapi yang baik untuk meredakan mual dan muntah atau morning sickness. Bahkan teh mint sangat baik untuk mengatasi sakit tenggorokan, batuk dan pilek serta demam.

Lantas, tertarikkah Anda mencoba membuat teh daun mint? Caranya mudah kok, pertama didihkan 2 cangkir air panas dalam panci, kemudian cuci daun mint di bawah air keran untuk menghilangkan kotoran dan debu. Setelah bersih, masukkan 8 sampai 10 daun mint ke dalam air pada panci yang sedang dididihkan, lalu aduk dengan sendok selama 5 sampai 10 menit. Nah, setelah mendidih, angkat panci dari kompor lalu tambahkan 1 kantong teh ke dalam air mendidih dan diamkan selama 3 sampai 5 menit.Saring teh untuk membuang daun mint, lalu tambahkan gula atau madu sesuai keinginan untuk menambahkan rasa manis pada teh mint.

Nah, mudah kan? So, bagi Anda yang menderita gangguan pencernaan, teh daun mint ini bisa jadi pilihan lho jika Anda merasa tidak nyaman. Selamat mencoba!

Ingin Cegah Penuaan Dini, Rambutan Solusinya

Halaman: 
Penulis : Aditya Wardhana, Riana
 
×
×