logo


Berkenalan dengan 4 Jenis Tanaman Sansevieria

Tanaman yang memiliki nama latin Sansevieria hyacinthoides ini memang kaya akan manfaat

13 Juli 2015 00:00 WIB

ilustrasi  (Boby/Jitunews)
ilustrasi (Boby/Jitunews)

JAKARTA, JITUNEWS.COMSansevieria adalah marga tanaman hias yang cukup populer sebagai penghias bagian dalam rumah karena tanaman ini dapat tumbuh dalam kondisi yang sedikit air dan cahaya matahari. Sansevieria memiliki daun keras, sukulen, tegak, dengan ujung meruncing.

Tanaman yang juga dikenal dengan sebutan Lidah Mertua karena bentuknya yang tajam ini juga memiliki manfaat untuk menyuburkan rambut, mengobati diabetes, wasir, hingga kanker ganas. Sementara seratnya digunakan sebagai bahan pakaian. Di Jepang, Sanseviera digunakan untuk menghilangkan bau perabotan rumah di ruangan.

Yup, tanaman yang memiliki nama latin Sansevieria hyacinthoides ini memang kaya akan manfaat. Dan perlu Anda ketahui juga, bahwa Sansevieria juga memiliki banyak jenisnya. Apa saja? 


Vertical Garden, Tren Baru Penghijauan Di Lahan Sempit

1. Cylindrica bojer
Pada tampilannya, sensevieria jenis ini memiliki daun berbentuk silinder, tegak panjang dan tajam pada ujung daunnya. Lebar daunnya memiliki ukuran dua hingga tiga sentimeter. Warna daunnya dapat Anda kenali dengan berwarna hijau tua keabu-abuan dengan corak belang-belang. Dibagian tengah dapat Anda lihat tangkai bunganya yang keluar melalui celah pada tengah daun.

2. Sansevieria hahnii
Jenis sansevieria yang satu ini paling banyak diminati oleh penghobiis tanaman hias, karena memiliki bentuk yang padat dan batangnya yang rendah. Pada daunnya memiliki ukuran panjang enam sentimeter.

3. Sansevieria trifasciata
Karena memiliki tampilan seperti ular, maka jenis sansevieria yang satu ini kerap disebut tanaman ular. Ciri yang bisa diketahui memiliki ujung daun yang meruncing namun tidak memiliki duri. Ketika daun masih berumur muda, maka akan tumbuh tegak ke atas tepat berada di tengah-tengah roset. Pada malam hari, Sansevieria trifasciata dapat mengeluarkan aroma harum, oleh karena itu, sansevieria yang satu ini cocok diletakkan di dalam ruang tamu.

4. Sansevieria trifasciata golden hahnii
Memiliki bentuk sama seperti hannii, namun yang membedakannya pada sensevieria jenis ini memiliki warna daun hijau muda yang dikombinasikan dengan warna kuning emas.

7 Bunga Paling Populer

Halaman: 
Penulis : Hartati, Hasballah