logo


Menilik Mekarnya Bunga Sakura Di Kebun Raya Cibodas

Bunga sakura yang ada di kebun raya Cibodas ini sudah ditanam sejak tahun 1953

8 Juli 2015 00:00 WIB

Bunga Sakura di Cibodas
Bunga Sakura di Cibodas

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Kalau Anda penikmat drama Jepang, pasti di beberapa scene yang ditampilkan berlatar belakang pohon berdaun putih dengan sedikit warna merah jambu, kuning muda, merah jambu, hijau muda atau merah menyala yang sedang bermekaran atau berguguran. Menambah suasana begitu romantis dan dramatik. Ya, pohon yang dimaksud adalah Bunga Sakura.

Sakura merupakan bunga nasional bagi Negara Jepang yang mekar pada musim semi, yakni di awal dan akhir bulan April. Bunga Sakura diyakini sebagai wujud representatif kehidupan dan kematian oleh masyarakat Jepang. Lambang kesementaraan dan kefanaan hidup. Bunganya indah saat bermekaran, namun hanya berkisar selama dua minggu saja. setelah itu, Bunga sakura akan layu, berguguran dan hilang ditelan angin.

Saat ini keindahan bunga sakura tidak hanya bisa dinikmati di Negara matahari terbit, di beberapa kota yang ada di Indonesia, ternyata pohon sakura bisa tumbuh lho, seperti di Bogor, Surabaya maupun Batam. Salah satunya, jika Anda sedang berwisata di daerah Cibodas, Jawa Barat. Sempatkanlah untuk mengunjungi kebun Raya Cibodas, karena di sana terdapat bunga sakura yang ditanam sejak tahun 1953.

Menurut Dwi Novia P. selaku staff Jasa dan Informasi Kebun Raya Cibodas, berbeda dengan di negara asalnya, bunga yang dikenal dengan nama cherry blossom ini dapat mekar dua kali dalam setahun, seperti bulan Januari-Februari atau Februari-Maret.


Cara Benar Menanam dan Merawat Tanaman Pacar Kuku

“Kontur tanah, cara perawatan, dan iklim Cibodas menyebabkan terjadinya pembungaan 2 kali,” jelasnya saat dihubungi via pesawat telepon beberapa waktu yang lalu.

Lebih lanjut Dwi memaparkan bahwa di Jepang, bunga sakura dapat diperbanyak melalui stek dan biji, sedangkan di Kebun Raya Cibodas, bunga sakura diperbanyak menggunakan metode cangkok.

Jenis bunga sakura yang tersebar diseluruh dunia berjumlah 308 jenis, namun yang terdapat di Kebun Raya Cibodas, hanya terdapat 7 jenis. Yakni Prunus cerasoides, Prunus yedoensis, Prunus yamasakura, Prunus lannesiana, Prunus sp., Prunus arborea, dan Prunus costata.

“Untuk jenis sakura tertua yang ditanam di sini, yaitu pada tanggal 13 Mei 1971 adalah Prunus cerasoides,” infonya di ujung pembicaraan.

Jangan Asal! Temukan Jenis-jenis Bunga yang Cocok dengan Karakter Pribadi Mu Di Sini

Halaman: 
Penulis : Hartati, Hasballah