•  

logo


Diperingati Tiap 9 Januari, Begini Sejarah Singkat Hari Martir di Panama dan Hari Pemberantasan Kemiskinan

Tanggal 9 Januari mewadahi sejarah tentang perlawanan.

8 Januari 2024 17:30 WIB

Ilustrasi kemiskinan
Ilustrasi kemiskinan freepik/iachetas

JAKARTA, JITUNEWS.COM — Tanggal 9 Januari bukan tanggal yang bersih dari catatan sejarah dunia. Pada tanggal tersebut, pernah terjadi kerusuhan yang kemudian dikenang sampai saat ini. Tak hanya itu, 9 Januari juga menyimpan tekad global untuk memberantas kemiskinan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari berbagai sumber, berikut daftar hari khusus yang diperingati atau dirayakan setiap tanggal 9 Januari serta sejarah singkatnya:

- Hari Martir di Panama


Fakta Tentang 7 Desember: Hari Dharma Wanita hingga Hari Melawan Perdagangan Manusia

Hari Martir di Panama dirayakan pada 9 Januari setiap tahun. Tanggal ini ditetapkan sebagai hari libur nasional.

Peringatan hari ini berkaitan dengan kerusuhan anti-Amerika Serikat atas kedaulatan kawasan Terusan Panama pada 9 Januari 1964 silam. Dalam kerusuhan tersebut, ratusan nyawa orang Panama direnggut pasukan Amerika Serikat.

Kemudian, Hari Martir di Panama digagas untuk mengenang para korban kerusuhan sekaligus menegaskan kembali tekad rakyat Panama untuk mempertahankan kedaulatan negara.

- Hari Pemberantasan Kemiskinan

Seperti Hari Martir di Panama, Hari Pemberantasan Kemiskinan juga diperingati setiap tahun pada 9 Januari. Hari ini diadakan agar masyarakat dunia semakin sadar tentang kemiskinan dan menimbulkan upaya pemberantasannya.

Hari Pemberantasan Kemiskinan pertama kali diperingati pada tahun 1987 oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa. Pada hari ini, setiap orang punya kesempatan untuk mengingat bahwa kemiskinan adalah masalah global yang mempengaruhi miliaran manusia di seluruh dunia.

Sekian informasi sejarah ringkas mengenai hari khusus yang diperingati setiap tanggal 9 Januari. Semoga bisa memperkaya wawasan dan bermanfaat.

Tak Hanya Hari Raya Saraswati, Ini Fakta Menarik Tentang Tanggal 16 Desember

Halaman: 
Penulis : Iskandar