logo


Kepincut Kue Beras Pedas Korea

21 Maret 2014 17:45 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM - Inilah ritual Rizky saban Jumat pada minggu kedua setiap bulan. Gadis 23 tahun yang tinggal di Jakarta Timur itu mendatangi swalayan Mu Gung Hwa, sekitar 50 meter dari Lapangan Sepakbola Blok S di Jakarta Selatan. Waktunya tidak tentu, tapi biasanya menjelang dan saat makan siang antara pukul 11.30--13.00. Kantor Rizky memang tak jauh, berjarak sekitar 200 m dari Mu Gung Hwa. Di swalayan itu Rizky memesan menu favorit: tteobokki. Itulah penganan khas Korea yang terbuat dari tepung beras. 

Menu tteobokki seharga Rp36.000 per porsi itu sungguh mengoda. Di atas piring, potongan-potongan tteopokki—sebutan lain-- sepanjang 5-7 cm tersaji dengan siraman saus pedas yang melimpah. Bagi Rizky yang menggemari drama Korea itu, kombinasi tteobokki dan saus pedas itu menimbulkan sensasi di mulut. “Kenyal, tapi lembut dan pedas,” kata alumnus Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran di Bandung, Jawa Barat itu. 

Rizky memang benar. Saat JITUNEWS.COM mencoba mengigit potongan tteobokki itu, terasa kenyal. Kekenyalan tteobokki itu tidak berbeda jauh dengan penganan populer yang saat ini banyak dijajakan dipinggir jalan, cilok alias aci dicolok (aci sebutan tepung di Jawa Barat, red).

Tteobokki yang dijual di Mu Gung Hwa sama seperti yang diual di beberapa restoran Korea di seputaran Lapangan Blok S. Dari pengamatan JITUNEWS.COM setidaknya terdapat 6 restoran Korea di sana. Agak menjauh menuju Depok, Jawa Barat, menu tteobokki juga bisa dinikmati di area perpustakaan Universitas Indonesia (UI). 

Di salah satu universitas berkelas di tanahair itu bahkan terdapat 2 restoran Korea. Harap mafhum mahasiswa Korea yang mengambil Program Studi Bahasa Indonesia dan Hubungan Internasional di UI cukup banyak. Selain di Perpustakaan UI, restoran Korea terdapat di area jajan di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya. Harga dan rasa serupa seperti di Mu Gung Hwa. 

Bagi anak muda yang saat ini dilanda demam Korean Pop, menu tteobokki dapat dicecap nikmatnya di Daebak Fan Resto di Jalan Raya Margonda, Depok. Menu tteobokki yang disajikan di restoran 3 lantai dengan dinding berhias artis-artis populer Korean Pop itu agak berbeda. Jenis tteobokki sama, tapi sausnya lebih kental. Mirip-mirip saus botol. Sebab kental itu, tteobokki yang tersaji seperti tidak berkuah. 

Soal rasa? Dibandingkan restoran Korea di atas tidak terlalu menggoda lidah. Namun dari harga, inilah tteobokki yang pas untuk kantong pelajar dan mahasiswa. Harap mafhum harga per porsi Rp26.000.

Resep Sehat : Manggo Soya Milkshake

Halaman: 
Penulis :