logo


Siang Ini Jokowi Lantik Panglima TNI dan Kepala BIN

Pelantikan Panglima TNI dan Kepala BIN itu akan berlangsung berbarengan

8 Juli 2015 08:56 WIB

(Ist.)
(Ist.)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan melantik Jenderal Gatot Nurmantyo sebagai Panglima TNI dan Sutiyoso menjadi Kepala BIN. Pelantikan kedua pejabat negara itu akan berlangsung berbarengan, yang diagendakan pada pukul 12.45 WIB di Istana Negara, Rabu (8/7/2015). 

Kemarin, Gatot telah mengonfirmasi rencana pelantikannya pada hari ini. "Benar informasi yang saya dapatkan memang demikian," ungkap Gatot usai acara buka puasa bersama Presiden di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa 7 Juli.

Gatot sendiri adalah lulusan Akademi Militer 1982. Dia perpengalaman di kesatuan infanteri baret hijau Kostrad. Dan Gatot juga pernah menjadi Komandan Kodiklat TNI-AD, Pangdam V/Brawijaya dan Gubernur Akmil.


Soal Jabatan Andika Hingga 2024, Demokrat: Jokowi Bikin Saja Perppu Kalau Dianggap Emergency

Sementara itu, Sutiyoso adalah pensiunan TNI yang pernah menjabat Wakil Danjen Kopassus. Selepas pensiun, Sutiyoso pernah menjabat Gubernur DKI selama dua periode, 2002-2012, sebelum digantikan oleh Fauzi Bowo.

Surat persetujuan DPR atas Kepala BIN dan Panglima TNI yang baru sudah dikantongi Jokowi. Seluruh persyaratan administratif bagi Gatot dan Sutiyoso pun sudah seluruhnya lengkap.   

Seusai melantik Gatot dan Sutiyoso, pukul 14.00 Jokowi akan memimpin rapat terbatas membahas 87 rancangan undang-undang terkait pembentukan daerah otonomi baru. Satu jam kemudian Presiden kembali rapat dengan topik pilkada serentak. Kedua rapat yang berlangsung di Kantor Presiden tersebut akan dihadiri pihak-pihak terkait. 

| berbagai sumber | 

Cuma 1 Tahun Menjabat Panglima TNI, PKS Yakin Andika Perkasa Bisa Bekerja Maksimal

Halaman: 
Penulis : Tommy Ismaya