•  

logo


Tren Kasus Covid-19 Naik, PPKM akan Diterapkan Lagi?

Kemenkes menyebut peluang PPKM diterapkan sangat kecil.

9 Desember 2023 16:52 WIB

Ilustrasi waspada Covid-19
Ilustrasi waspada Covid-19 freepik/storyset

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Tren kasus Covid-19 di Indonesia kembali naik menjelang masa liburan Natal dan Tahun Baru 2024. Meski begitu, kondisi ini belum mengarah pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi mengatakan peluang PPKM diterapkan seperti era pandemi lalu sangat kecil. Hanya saja, dia mengingatkan semua pihak untuk tetap berhati-hati.

"Kecil sekali kemungkinan diterapkan PPKM. Tapi kembali lagi, kita enggak boleh lengah, walaupun enggak ada PPKM kita tenang-tenang saja. Karena masih ada yang sakit, masih ada kematian Covid," kata Nadia, seperti dikutip dari RMOL pada Sabtu, 9 Desember 2023.


GMS Gelar Aksi Demo di Kejagung, Desak Dugaan Korupsi Dana Covid-19 Kab Samosir Diusut Tuntas

Nadia mengungkapkan, kasus Covid-19 bertambah sejak tiga hari lalu, namun tidak signifikan. Dalam skala nasional, terjadi 30-40 kasus per hari.

Dia menyebut tingkat keterisian ruang perawatan rata-rata 0,06 persen, dan penggunaan ruang ICU 0,04 persen. "Kalau angka kematian 0-3 kematian," ujarnya.

Seterusnya, Nadia mengatakan kenaikan kasus Covid-19 belakangan ini terjadi karena faktor cuaca. Selain itu, karena gejala gangguan saluran pernafasan akut atau pneumonia yang harus diperiksakan ke rumah sakit.

Kasus Covid di Singapura Lebih dari 22 Ribu, Ini Dugaan Penyebabnya

Halaman: 
Penulis : Iskandar