•  

logo


Tanggal 9 Desember Diperingati Sebagai Hari Apa?

Tanggal 9 Desember berkaitan dengan semangat pemberantasan korupsi hingga sejarah pembantaian.

9 Desember 2023 11:34 WIB

Ilustrasi hari antikorupsi sedunia
Ilustrasi hari antikorupsi sedunia freepik/pressfoto

JAKARTA, JITUNEWS.COM – 9 Desember termasuk tanggal penting bagi dunia lantaran diperingati sebagai Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia). Hari khusus ini dideklarasikan oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tahun 2003 untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk terus memerangi korupsi.

Korupsi itu destruktif. Perilaku koruptif bisa berimbas buruk pada semua aspek kehidupan, mulai dari ekonomi, politik, hingga sosial budaya. Tindakan korup juga dapat menghambat pembangunan, mengurangi kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah, dan meningkatkan kemiskinan.

Untuk memerangi korupsi, diperlukan upaya yang berkelanjutan dari semua pihak, baik pemerintah, masyarakat, maupun sektor swasta. Upaya-upaya tersebut dapat berupa penegakan hukum, pendidikan anti-korupsi, dan penguatan tata kelola pemerintahan yang baik.


Tak Hanya Hari Guru, Ini Hari-hari Penting dan Peristiwa Sejarah pada 25 November

Selain Hari Anti-Korupsi Sedunia, tanggal 9 Desember juga memiliki arti penting bagi Indonesia. Pada tanggal ini, pada tahun 1947, terjadi peristiwa pembantaian Rawagede di Karawang, Jawa Barat.

Pembantaian Rawagede merupakan salah satu peristiwa kelam dalam sejarah Indonesia. Sebanyak 431 penduduk sipil Kampung Rawagede ditembak mati oleh sepasukan tentara Belanda (KNIL) tanpa proses. Peristiwa ini merupakan pelanggaran berat terhadap hak asasi manusia dan tidak boleh dilupakan.

Peristiwa tersebut lantas dikenang setiap tahun pada 9 Desember. Pada tanggal ini, biasanya digelar upacara peringatan di Kampung Rawagede. Upacara ini dihadiri oleh keluarga para korban, dan para pejabat pemerintah.

Daftar Hari Penting yang Diperingati Setiap Tanggal 2 Desember

Halaman: 
Penulis : Iskandar