•  

logo


Penting, 6 Hal Ini Sebaiknya Anda Lakukan Sebelum Tidur

Tidur yang cukup membuat kesehatan fisik dan mental terjaga.

8 Desember 2023 23:07 WIB

Ilustrasi hal yang sebaiknya dilakukan sebelum tidur
Ilustrasi hal yang sebaiknya dilakukan sebelum tidur freepik/storyset

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Tidur yang cukup dan nyenyak perlu diupayakan demi tercapainya kesehatan fisik dan mental. Hanya saja, tak sedikit orang sulit tidur dikarenakan berbagai hal, mulai dari stres, kecemasan, atau gangguan lainnya.

Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas tidur adalah membiasakan beberapa aktivitas sebelum berbaring di ranjang.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut hal-hal yang sebaiknya dilakukan sebelum tidur:


Cara Minum Air Putih yang Tepat

1. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat sebelum tidur membuat tubuh lebih rileks dan menurunkan suhu tubuh. Hal ini dapat membuat Anda merasa lebih nyaman dan mudah tertidur.

2. Matikan Gadget

Cahaya biru dari layar gadget berpotensi mengganggu produksi melatonin, yaitu hormon yang mengatur siklus tidur-bangun. Oleh karena itu, sebaiknya matikan gadget setidaknya 30 menit sebelum tidur.

3. Relaksasi

Teknik relaksasi, seperti meditasi atau yoga, dapat membantu tubuh dan pikiran rileks. Kondisi ini dapat memudahkan Anda untuk tertidur.

4. Membaca Buku

Membaca buku sebelum tidur bisa membantu Anda untuk melepaskan stres. Namun, sebaiknya pilih dan baca buku yang tidak terlalu menegangkan.

5. Minum Susu Hangat

Susu hangat mengandung triptofan, asam amino yang dapat membantu tubuh memproduksi melatonin.

6. Buat Kamar yang Nyaman

Pastikan kamar tidur Anda gelap, tenang, dan sejuk. Anda juga dapat menggunakan teknik aromaterapi dengan menghirup minyak esensial lavender atau chamomile.

Selain melakukan kebiasaan di atas, Anda perlu menjaga pola tidur yang teratur. Berusahalah untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, sehingga tubuh menyesuaikan siklus tidur-bangun.

Jika Anda mengalami kesulitan tidur yang berkepanjangan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Dokter akan membantu Anda untuk mencari penyebab masalah tidur dan memberikan penanganan yang tepat.

Manfaat Mandi pada Pagi dan Malam Hari

Halaman: 
Penulis : Iskandar