•  

logo


TKN Prabowo-Gibran Usul Debat Pakai Bahasa Inggris, Hasto PDIP: Mereka Lupa Sumpah Pemuda

Hasto mendorong penggunaan bahasa Indonesia dalam berbagai agenda nasional.

6 Desember 2023 16:28 WIB

Hasto Kristiyanto
Hasto Kristiyanto instagram/@sekjenpdiperjuangan

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Usulan Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran agar diadakan debat capres-cawapres khusus menggunakan bahasa Inggris mendapat respons kurang baik dari Sekretaris Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Hasto Kristiyanto.

Hasto Kristiyanto heran TKN Prabowo-Gibran seakan lupa sejarah Sumpah Pemuda. Menurutnya, penggunaan bahasa Indonesia seharusnya didorong dalam berbagai kesempatan, khususnya dalam debat calon pemimpin RI.

"Kita ini, kan, ada sumpah pemuda, mereka lupa itu dengan sumpah pemuda," kata Hasto kepada wartawan di Gedung High End, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu, 6 Desember 2023.


Tak Setuju Usulan Debat Capres Pakai Bahasa Inggris, TPN Ganjar Tegaskan Bukan Adu Bahasa

Sekjen PDIP itu mengingatkan bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu sekaligus jati diri bangsa. Dia menyebut banyak negara bisa maju tanpa harus meninggalkan bahasa dan budayanya sendiri.

“Jadi, jangan ubah kultur bangsa ini hanya dengan kemudian melupakan jati diri kita," tegas Hasto.

Sebelumnya, Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Sumatera Barat, Andre Rosiade mengusulkan adanya debat capres-cawapres dengan menggunakan bahasa Inggris. Dia menilai pemimpin Indonesia mesti punya kecakapaan dalam pergaulan internasional.

Hal itu disampaikan Andre sekaligus menepis tudingan bahwa kubu Prabowo-Gibran tidak menghendaki debat khusus antarcawapres. Dia menegaskan pasangan nomor urut 2 siap menghadapi debat dengan format apapun.

“Kami usulkan agar diadakan saja debat dalam bahasa Inggris, baik untuk capres maupun cawapres, gabungan ataupun sendiri-sendiri, kami siap,” kata Ande Rosiade dalam keterangannya, Senin, 4 Desember 2023.

“Ini sekaligus untuk menepis narasi-narasi yang mengatakan kami tidak siap berdebat. Kami siap dalam format apapun, bahkan dalam bahasa Inggris,” tegas Ketua DPD Partai Gerindra Sumatera Barat itu.

Soal TKN Prabowo-Gibran Akui Warga Nonbiner, PKS: Tidak Sesuai Konsitusi  

Halaman: 
Penulis : Iskandar