•  

logo


Dua Hari Penting Ini Diperingati Setiap 5 Desember, Apa Saja?

5 Desember memuat perihal yang patut diperingati.

5 Desember 2023 15:00 WIB

Ilustrasi Hari Tanah Sedunia
Ilustrasi Hari Tanah Sedunia freepik

JAKARTA, JITUNEWS.COM – 5 Desember bukan sekadar tanggal di bulan akhir tahun. Pada tanggal ini, diperingati berbagai hal penting, yaitu Hari Armada Republik Indonesia dan Hari Tanah Sedunia.

Kendati punya tujuan berbeda, Hari Armada Republik Indonesia dan Hari Tanah Sedunia sama-sama penting diperingati untuk meningkatkan kesadaran masyarakat perihal kelestarian sumber daya alam.

Melansir berbagai sumber, berikut latar belakang peringatan Hari Armada Republik Indonesia dan Hari Tanah Sedunia:


Tak Hanya Hari Guru, Ini Hari-hari Penting dan Peristiwa Sejarah pada 25 November

Hari Armada Republik Indonesia

Hari Armada Republik Indonesia (RI) diperingati sesuai tanggal lahirnya kekuatan tempur Angkatan Laut Indonesia, yakni 5 Desember 1959. Saat ini, Angkatan Laut dipimpin oleh Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid Kacong.

Pada Hari Armada RI, biasanya ada beberapa penyelenggaraan acara, seperti upacara militer, defile kapal perang, dan pertunjukan kesenian. Acara-acara ini digelar untuk memperingati jasa para prajurit Armada RI yang telah berjuang untuk menjaga kedaulatan negara di laut.

Hari Tanah Sedunia

Ditetapkan pada 5 Desember, Hari Tanah Sedunia diperingati secara rutin untuk menaikkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya pengelolaan tanah berkelanjutan. Sebab, tanah adalah unsur krusial dalam kehidupan manusia karena menyediakan makanan, air, dan tempat tinggal.

Sejumlah acara yang biasa dihelat pada Hari Tanah Sedunia antara lain seminar, diskusi, dan penanaman pohon. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan upaya semua pihak dalam menjaga kelestarian tanah.

Daftar Hari Penting yang Diperingati Setiap Tanggal 2 Desember

Halaman: 
Penulis : Iskandar