•  

logo


Tanggapan Puan soal Tak Ada Debat Khusus Cawapres

Puan meminta semua pihak menaati aturan yang disepakati.

3 Desember 2023 17:20 WIB

Puan Maharani
Puan Maharani Instagram/@puanmaharaniri

JAKARTA, JITUNEWS.COM – KPU memutuskan untuk tak mengadakan debat khusus antarcawapres. Jadi, masing-masing pasangan menghadapi lima kali debat secara bersama-sama.

Menanggapi hal ini, Ketua DPP PDIP Puan Maharani meminta semua pihak menaati aturan yang telah disepakati. Aturan itu mengacu pada UU Pemilu dan Peraturan KPU.

“Kita ikuti saja aturan yang sudah disepakati. Itu saja yang dilakukan,” kata Puan kepada wartawan di Kebun Raya Indrokilo, Boyolali, Jawa Tengah pada Minggu, 3 Desember 2023.


KPU Putuskan Tak Ada Debat Khusus Cawapres, Anies Terkejut

Puan mengaku bakal mencermati terlebih dahulu aturan yang dibuat KPU perihal format debat capres-cawapres. Dia tak menampik bila acara tersebut penting bagi masyarakat.

“Menurut kami debat ini penting bagi calon presiden dan wakil presiden," ujar Ketua DPR RI itu.

Selain itu, Puan juga mengajak semua kubu untuk membahas bersama aturan debat capres-cawapres agar tidak ada yang merasa dirugikan.

“Kami akan berembuk dengan tiga pasang calon yang ada untuk menyamakan persepsi agar kedepannya lebih baik,” tambah Dewan Penasihat TPN Ganjar-Mahfud itu.

Alasan Debat Khusus Cawapres Ditiadakan KPU

Format debat capres-cawapres pada Pilpres 2024 akan berbeda dengan Pilpres 2019.

Pada Pilpres lalu, format debat capres-cawapres lebih variatif. Debat khusus capres digelar 2 kali, khusus cawapres 1 kali, dan capres-cawapres bersamaan 2 kali.

Lain halnya dengan Pilpres 2024. KPU bakal menghadirkan capres-cawapres secara bersamaan dalam 5 kali debat.

Ketua KPU Hasyim Asy’ari menjelaskan format debat tersebut dipilih agar masyarakat tahu sebaik apa capres-cawapres saat bekerja sama.

"Supaya publik makin yakin lah team work (kerja sama) antara capres dan cawapres dalam penampilan di debat," kata Hasyim kepada wartawan, Kamis, 30 November 2023.

Meski begitu, Hasyim menerangkan porsi bicara bagi capres dan cawapres akan berbeda. Jika waktunya debat capres, maka yang lebih banyak bicara adalah capres. Begitu pun saat debat cawapres.

Gibran Cuti 4 Desember, Masih Kampanye

Halaman: 
Penulis : Iskandar