•  

logo


Diperingati Setiap Tanggal 3 Desember, Mengenal Hari Bakti Pekerjaan Umum dan Hari Disabilitas Internasional

Dua hari ini sama-sama penting untuk diperingati.

3 Desember 2023 11:00 WIB

Ilustrasi kebersamaan
Ilustrasi kebersamaan freepik/pikisuperstar

JAKARTA, JITUNEWS.COM — Seperti tanggal lainnya, 3 Desember memiliki muatan penting. Pada hari ini, terdapat dua hal yang diperingati bersama setiap tahunnya, yaitu Hari Bakti Pekerjaan Umum (PU) dan Hari Disabilitas Internasional.

Peringatan Hari Bakti Pekerjaan Umum dan Hari Disabilitas Internasional memiliki makna dan tujuan yang berbeda. Keduanya sepatutnya dipahami.

Hari Bakti Pekerjaan Umum


Tak Hanya Hari Guru, Ini Hari-hari Penting dan Peristiwa Sejarah pada 25 November

Hari Bakti Pekerjaan Umum diperingati setiap tahunnya untuk mengenang pertempuran yang terjadi pada tanggal 3 Desember 1945 di Gedung Departement Van Verkeer En Waterstaat, Bandung. Kala iitu, para pekerja PU berjuang mempertahankan gedung tersebut dari serangan tentara Belanda.

Pertempuran tersebut berlangsung sengit dan memakan korban jiwa. Sebanyak 21 pekerja PU gugur dan 50 lainnya terluka. Untuk mengenang jasa mereka, pemerintah menetapkan tanggal 3 Desember sebagai Hari Bakti Pekerjaan Umum.

Hari Bakti Pekerjaan Umum merupakan momentum untuk mengapresiasi jasa para pekerja PU yang telah berjasa membangun dan mengembangkan infrastruktur Indonesia. Para pekerja PU telah bekerja keras untuk mewujudkan Indonesia yang lebih maju dan sejahtera.

Hari Disabilitas Internasional

Hari Disabilitas Internasional juga diperingati setiap tahun pada 3 Desember. Hari ini diadakan untuk menaikkan kesadaran masyarakat mengenai hak dan martabat penyandang disabilitas.

Selain itu, Hari Disabilitas Internasional menjadi momentum untuk mengajak masyarakat agar lebih peduli dan memberikan dukungan kepada penyandang disabilitas.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penyandang disabilitas di Indonesia mencapai 28,4 juta orang atau sekitar 12,9% dari total penduduk Indonesia. Jumlah ini diperkirakan akan terus meningkat seiring dengan meningkatnya usia harapan hidup dan perubahan pola penyakit.

Hari Disabilitas Internasional merupakan kesempatan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang keragaman dan inklusi. Masyarakat perlu menyadari bahwa penyandang disabilitas memiliki hak yang sama untuk berpartisipasi dalam semua aspek kehidupan.

Daftar Hari Penting yang Diperingati Setiap Tanggal 2 Desember

Halaman: 
Penulis : Iskandar