•  

logo


Anies Anggap IKN Lebih Bermanfaat bagi Aparat Ketimbang Rakyat

Anies menilai Indonesia masih memiliki banyak persoalan yang lebih mendesak untuk ditangani.

3 Desember 2023 08:00 WIB

Anies Baswedan
Anies Baswedan instagram/@aniesbaswedan

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Capres nomor urut 1, Anies Baswedan kembali melontarkan kritik terhadap proyek pengadaan Ibu Kota Nusantara.

Anies menilai manfaat dari pembangunan IKN bakal lebih dirasakan oleh aparatur negara ketimbang rakyat.

Hal itu disampaikan Anies ketika membalas pertanyaan eks Wamenlu RI dan Founder Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI), Dino Patti Djalal dalam acara CIFP 2023.


Organisasi Binaan Luhut Deklarasi Dukung Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024

Indonesia, bagi Anies, masih memiliki banyak pekerjaan rumah. Menurutnya, ada berbagai persoalan yang lebih mendesak daripada memindahkan ibu kota.

"Kalau kita lihat manfaat untuk pembangun faskes akan dirasakan oleh seluruh rakyat. Tapi kalau di ini (IKN), akan dirasakan oleh aparat negara yang nanti bekerja untuk negara. Sementara yang perlu kita lakukan ialah negara bekerja untuk rakyat. Ini kan (IKN) fasilitas untuk penyelenggara negara, itu semua," kata Anies di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta pada Sabtu, 2 Desember 2023.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu lantas bercerita mengenai pengalamannya berbincang dengan seorang wanita paruh baya soal IKN. Dia menilai perempuan itu bisa memberikan ilustrasi yang tepat.

"Pak kalau saya, di rumah saya ini anak-anak saya masih perlu uang untuk sekolah, masih harus membiayai kredit motor, masih harus biayai kebutuhan rumah tangga, keuangan saya terbatas, masa saya ambil kredit untuk ambil rumah baru?” kata Anies yang menirukan ucapan sang wanita.

“Saya masih harus menyelesaikan kebutuhan rumah tangga saya. Dalam situasi begitu, masa saya malah bikin rumah baru?" lanjutnya.

Komitmen PA 212 Kawal Pemilu 2024 Damai

Halaman: 
Penulis : Iskandar