•  

logo


Genjot Industri Pariwisata, Bank Mandiri Perkuat Kerja Sama dengan Taman Safari Indonesia Group

Bank Mandiri memperkuat kolaborasi dengan Taman Safari Indonesia (TSI) Group guna mendukung pertumbuhan industri pariwisata di Indonesia.

30 November 2023 06:43 WIB

Bank Mandiri kerjasama dengan Taman Safari Indonesia
Bank Mandiri kerjasama dengan Taman Safari Indonesia dok.mandiri

BALI, JITUNEWS.COM- Bank Mandiri semakin aktif memperluas pengembangan layanan finansial untuk terus menghasilkan kontribusi positif sebagai agen pembangunan. Terbaru, Bank Mandiri memperkuat kolaborasi dengan Taman Safari Indonesia (TSI) Group guna mendukung pertumbuhan industri pariwisata di Indonesia.

Dalam kolaborasi ini Bank Mandiri menandatangani kesepakatan dengan Taman Safari Indonesia Group untuk memberikan layanan perbankan yang terintegrasi dengan sistem perseroan.

Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi mengatakan, kerja sama ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas layanan perbankan bagi semua unit bisnis Taman Safari Indonesia Group yang terdapat di beberapa lokasi di Indonesia, dengan menggunakan ekosistem transaksi digital yang terintegrasi.


Yogyakarta Provinsi Termiskin di Pulau Jawa, Menparekraf Sandiaga Tanggapi Begini

Selain itu, kerja sama ini juga mempererat kemitraan antara Bank Mandiri dan Taman Safari Indonesia Group, yang dapat mempermudah pengelolaan keuangan Taman Safari Indonesia dan mendorong penggunaan transaksi non tunai di semua unit bisnis Taman Safari Indonesia Group lewat kehadiran super app Livin’ by Mandiri dan super platform Kopra by Mandiri.

“Kerja sama ini merupakan salah satu bentuk dukungan kami terhadap industri pariwisata di Indonesia, yang menjadi sektor penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Kami berharap kolaborasi ini dapat membantu Taman Safari Indonesia Group dalam mengembangkan bisnisnya, dengan memberikan layanan perbankan terintegrasi,” terang Darmawan di Bali, Selasa (28/11).

Melalui kerja sama ini, Bank Mandiri berharap dapat memberikan pelayanan yang mudah dan nyaman bagi Taman Safari Indonesia Group dalam melakukan pembayaran, baik dari pengunjung maupun untuk operasional perusahaan.

Sementara itu, Direktur Marketing Taman Safari Indonesia Hans Manansang menambahkan, dalam kerja sama ini Bank Mandiri akan memberikan solusi layanan perbankan untuk Taman Safari Indonesia Group, antara lain pembukaan rekening operasional perusahaan, kerja sama kartu Co-Brand e-Money Mandiri edisi khusus Taman Safari Indonesia, serta kerja sama metode pembayaran mesin EDC, QRIS dan Internet Acquiring pada loket dan website Taman Safari Indonesia.

“Kami berharap kerja sama ini dapat saling menguntungkan kedua belah pihak, dan bertujuan untuk meningkatkan dan memudahkan transaksi dari pengunjung, apalagi mengingat channel pembayaran online seperti QRIS kini semakin populer di masyarakat, ” ujar Hans.

Tidak hanya itu, Bank Mandiri juga memberikan dukungan pembiayaan untuk memungkinkan Taman Safari Indonesia Group melakukan ekspansi usaha di sektor pariwisata. Sebab, data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyebutkan Tahun 2023 jumlah Wisatawan Mancanegara ditargetkan mencapai angka 7,4 juta dan pergerakan wisatawan nusantara sebesar 1,4 miliar. Sedangkan, target nilai devisa pariwisata tahun 2023 sebesar 2,07 miliar dolar AS pada batas bawah dan 5,95 miliar dolar AS pada batas atas.

"Hal ini membuat potensi pariwisata sangat berpeluang untuk dikembangkan melalui kolaborasi Bank Mandiri dan Taman Safari Indonesia (TSI) Group dan memberikan nilai tambah terhadap perekonomian dan pembangunan Indonesia,” pungkas Darmawan.

Sebagai informasi tambahan, sampai akhir Oktober 2023 jumlah transaksi QRIS melalui Livin’ by Mandiri telah mencapai lebih dari 150 juta transaksi dengan volume sebesar Rp 23 triliun. Jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, maka frekuensi transaksi QRIS di Livin’ by Mandiri tumbuh 447%, dengan nilai transaksi yang meningkat 467 %.

Tentang Bank Mandiri

Bank Mandiri merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia dengan layanan finansial kepada nasabah yang meliputi segmen usaha Corporate, Hubungan Kelembagaan, Commercial, Micro & SME, Consumer Banking, Treasury dan International Banking.

Bank Mandiri pada saat ini bersinergi dengan beragam perusahaan anak untuk menyediakan bermacam produk dan jasa serta mendukung bisnis utamanya yaitu: Mandiri Sekuritas (jasa dan layanan pasar modal), Bank Syariah Indonesia (perbankan syariah), Bank Mandiri Taspen/Mantap (kredit UMKM), AXA-Mandiri Financial Services (asuransi jiwa), Mandiri InHealth (asuransi kesehatan), Mandiri Tunas Finance (jasa pembiayaan), Mandiri Utama Finance (jasa pembiayaan), Mandiri International Remittance (remitansi), Mandiri Europe (treasury & financial institution), dan Mandiri Capital Indonesia (pembiayaan modal ventura).

Dalam ekspansi bisnis, Bank Mandiri terus mengembangkan layanan dan produk perbankan digital yang mampu memenuhi berbagai kebutuhan nasabah korporasi dan retail. Kopra by Mandiri merupakan solusi digital bagi industri nasional yang menyatukan para korporasi sampai pelaku usaha kecil menengah dalam suatu ekosistem digital single access yang sangat mudah dan
solutif seperti layanan Cash Management, Forex, Trade & Guarantee, Supply Chain Management, Virtual Account sampai solusi keuangan terintegrasi berbasis Application Programming Interface (API).

SedangkanlayanandigitalretailmeliputiaplikasiLivin’ by Mandiri, kartuprabayarMandiri e-money, serta layanan informasi berbasiskecerdasanbuatanMandiriIntelligentAssistant (MITA) pada akun resmi WhatsAppBankMandiri di +62 811-84-14000.

Hingga September 2023, jaringan Bank Mandiri telah tersebar di seluruh Indonesia yang meliputi 2.253 kantor cabang, termasuk cabang digital (smart branch), 2.236 kantor mikro (unit & kios mikro). Layanan distribusi Bank Mandiri juga dilengkapi dengan 13.068 unit ATM yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus, Electronic Data Capture (EDC) serta jaringan e-banking yang meliputi New Livin' by Mandiri, SMS Banking dan Call Center 14000.

Informasi detail tentang Bank Mandiri bisa diakses melalui www.bankmandiri.co.id

Tentang PT Taman Safari Indonesia

Taman Safari Indonesia memiliki lebih dari 8700 satwa, 400 spesies, dan dikunjungi oleh lebih dari 5 juta pengunjung setiap tahun. Dengan kontribusinya dalam menyelamatkan, memulihkan, dan melepaskan ribuan satwa ke alam liar sejak tahun 1980, TSI telah menjadi salah satu organisasi konservasi dunia untuk satwa endemic Indonesia dan spesies terancam punah dunia. TSI sebelumnya telah meraih 4 sertifikasi internasional dan 16 penghargaan nasional untuk pusat konservasi dan rekreasi.

Taman Safari Indonesia membuka area konservasi satwa pertamanya, yaitu The Great Taman Safari Bogor di Cisarua, Bogor, Jawa Barat pada April 1986. Setelah satu dekade, TSI berkembang dengan mendirikan The Grand Taman Safari Indonesia Prigen Jawa Timur, Pasuruan, Jawa Timur pada Desember 1997.

Keberhasilan kedua, area konservasi oleh TSI mendorong perusahaan untuk membangun area konservasi lainnya, seperti The Amazing Taman Safari Bali, The Funtastic Beach Safari Batang Jawa Tengah, Jakarta Aquarium & Safari, dan yang terbaru, Solo Safari. TSI juga mengawasi beberapa unit bisnis untuk memenuhi kebutuhan pariwisata, seperti Royal Safari Garden, Safari Resort, Baobab Safari Resort, Mara River Safari Lodge, dan Safari Wonders.

Salah satu tempat rekreasi terbaru yang akan diluncurkan oleh Taman Safari Indonesia adalah Varuna Bali yang merupakan pertunjukan teaterikal Under Water pertama di Indonesia yang dikemas secara menarik berlokasi di The Amazing Taman Safari Bali. TSI memiliki visi untuk menjadi area konservasi satwa serta pariwisata berbasis pendidikan dan penelitian.

Pendaftaran Bakal Calon Ketua Ditutup, Ini Dua Kandidat Pemimpin ASITA Surakarta 2023-2028

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati