•  

logo


Ade Armando: Kegemoyan Prabowo Cuma Gimik, Bukan Inti Kampanye

Ade Armando menyebut Prabowo bisa bicara tentang gagasan jika diperlukan.

29 November 2023 17:39 WIB

Prabowo Subianto bersama Ade Armando dan Grace Natalie di Markas DPP PSI, Jakarta, Rabu (2/8).
Prabowo Subianto bersama Ade Armando dan Grace Natalie di Markas DPP PSI, Jakarta, Rabu (2/8). instagram/permadiaktivis2

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Politikus PSI Ade Armando mengatakan ‘kegemoyan’ capres nomor urut 2, Prabowo Subianto hanya gimik, bukan inti dari kampanye.

Hal itu disampaikan Ade dalam rangka menanggapi kritik novelis terkemuka, Okky Madasari tentang calon pemimpin yang mengandalkan tingkah lucu hingga kegemaran berjoget untuk memikat pemilih muda.

“Gak ada yang bilang bahwa anak muda harus memilih pemimpin gemoy. Kegemoyan Prabowo itu cuma gimik, bukan inti kampanye,” tegas Ade Armando dalam video yang diunggah via akun X-nya, Rabu, 29 November 2023.


Pesan Jokowi di Masa Kampanye Pilpres 2024: Penuh Kegembiraan, Silahkan Adu Ide

Ade menjelaskan, dalam ilmu komunikasi, terdapat teknik mempersuasi lewat rute sentral dan rute peripheral. Kedua rute itu menurutnya sama-sama penting.

“Jadi disarankan, kalau khalayak tidak bisa langsung didekati dengan pesan-pesan yang substansial. Ya dekati dulu dengan hal-hal yang lebih ringan. Baru setelah mereka tertarik, bisa disuguhi pesan yang lebih serius. Bisa saja kedua rute itu digunakan bersama-sama,” jelas mantan dosen komunikasi UI itu.

Ditekankan lagi oleh Ade, kegemoyan Prabowo itu bukan dipromosikan sebagai bentuk pembodohan maupun penghinaan terhadap Gen Z.

“Kalau diperlukan, Prabowo bisa bicara soal gagasan-gagasan, harapan, cita-cita, prinsip. Tapi itu, kan, tidak cocok untuk semua situasi dan kondisi,” pungkasnya.

Sebelumnya, sastrawan kenamaan Indonesia, Okky Madasari mengajak para milenial untuk selektif memilih pemimpin di Pilpres 2024. Dia berharap kawula muda tak tergiur dengan sosok-sosok yang hanya menampilkan gimik fisik belaka.

“Sekarang ada mitos pemimpin gemoy gitu kan. Bahwa seolah-olah pemimpin yang hobi joget, pemimpin yang menggemaskan, pemimpin yang lucu gitu kan. Itulah yang harus layak kita pilih. Karena dia merupakan cerminan dari anak muda hari ini. Wah, jangan mau dibodohi gitu,” kata Okky dalam sebuah seminar di FH UGM, Rabu, 22 November 2023.

Gerindra: Gemoy atau Gimmick Bukan Sesuatu yang Meanggar Prinsip Demokrasi

Halaman: 
Penulis : Iskandar