•  

logo


Memahami Pengertian Sudut Pandang dan Berbagai Jenisnya

Sudut pandang itu penting guna membantu seseorang memahami dan menghargai beragam perspektif.

27 November 2023 16:01 WIB

Ilustrasi jenis sudut pandang
Ilustrasi jenis sudut pandang freepik/storyset

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Sudut pandang ialah perspektif atau cara pandang seseorang terhadap suatu hal. Sudut pandang dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti pengalaman pribadi, latar belakang budaya, dan pendidikan.

Sudut pandang yang berbeda dapat menyebabkan orang untuk memahami dan menginterpretasikan informasi dengan cara yang berbeda.

Bagi sebagian besar orang, sudut pandang itu penting karena dapat membantu memahami dan menghargai beragam perspektif. Dengan sudut pandang yang tepat, seseorang bisa mewujudkan komunikasi jelas, persuasif, dan menyenangkan.


Berani Mengubah Arah Bisnis

Jenis-Jenis Sudut Pandang

Ada beberapa jenis sudut pandang, yaitu:

- Sudut pandang orang pertama

Sudut pandang orang pertama menggunakan kata ganti "aku" atau "saya" untuk menceritakan kisah. Dalam sudut pandang orang pertama, pembaca atau pendengar seolah-olah sedang berada di dalam pikiran dan perasaan narator.

- Sudut pandang orang ketiga

Sudut pandang orang ketiga menggunakan kata ganti "dia", "ia", "mereka", atau "itu" untuk menceritakan kisah. Dalam sudut pandang orang ketiga, narator menceritakan kisah dari perspektif orang lain.

- Sudut pandang orang ketiga terbatas

Sudut pandang orang ketiga terbatas menceritakan kisah dari perspektif satu orang karakter. Pembaca atau pendengar hanya dapat mengetahui pikiran dan perasaan karakter tersebut.

- Sudut pandang orang ketiga omnisien

Sudut pandang orang ketiga omnisien menceritakan kisah dari perspektif orang yang maha tahu. Pembaca atau pendengar dapat mengetahui pikiran dan perasaan semua karakter dalam cerita.

Memilih Sudut Pandang yang Tepat

Pemilihan sudut pandang tergantung pada tujuan komunikasi. Jika tujuannya adalah untuk menyampaikan informasi, sudut pandang orang ketiga mungkin lebih efektif. Jika tujuannya adalah untuk menyampaikan perasaan atau pengalaman pribadi, sudut pandang orang pertama mungkin lebih efektif.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih sudut pandang:

- Audiens

Siapa yang Anda ingin mencapai dengan komunikasi Anda? Apa latar belakang mereka dan apa yang mereka ingin ketahui?

- Tujuan

Apa yang ingin Anda capai dengan komunikasi Anda? Apakah Anda ingin menginformasikan, menghibur, atau membujuk?

- Nada

Apa nada yang ingin Anda sampaikan? Apakah Anda ingin terdengar formal atau informal, serius atau santai?

Tips Menulis dari Sudut Pandang Berbeda

- Masuk ke dalam pikiran karakter

Ketika menulis dari sudut pandang orang pertama, penting untuk masuk ke dalam pikiran karakter Anda dan melihat dunia melalui mata mereka. Bayangkan apa yang mereka pikirkan dan rasakan dalam situasi tertentu.

- Gunakan bahasa yang sesuai dengan karakter

Bahasa yang Anda gunakan harus sesuai dengan karakter dan situasi Anda. Misalnya, jika Anda menulis dari sudut pandang seorang anak kecil, Anda akan menggunakan bahasa yang lebih sederhana daripada jika Anda menulis dari sudut pandang orang dewasa.

- Beri tahu pembaca sudut pandang Anda

Jika Anda menulis dari sudut pandang orang ketiga terbatas, penting untuk memberi tahu pembaca siapa narator Anda. Anda dapat melakukan ini dengan menggunakan kata ganti "dia", "ia", "mereka", atau "itu" untuk merujuk pada narator.

Harapan Besar Pembuat Tahu Kecil

Halaman: 
Penulis : Iskandar