logo


Catat! Ini Cara Jitu Meramu Kemangi Sebagai Pestisida Nabati

Berdasarkan senyawa utama dalam minyak yang dimilikinya, kemangi dapat dibedakan menjadi 4 tipe

6 Juli 2015 09:36 WIB

Daun kemangi
Daun kemangi

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Tahukah Anda bahwa kemangi juga dapat menjadi pilihan alternatif pestisida nabati? Ya, kemangi dengan resep tertentu ternyata tidak kalah ampuhnya dengan pestisida kimia dalam mengusir dan membunuh hama tanaman. Tidak hanya itu, penggunaan daun kemangi sebagai pestisida nabati juga sangat sedikit dampak negatifnya bagi lingkungan. 

Kemangi merupakan salah satu bahan alami yang dapat dimanfaatkan sebagai pestisida nabati, yang sangat berperan dalam mengendalikan hama kutu dan ulat. Tanaman kemangi, berdasarkan senyawa utama (bahan aktif) dalam minyak yang dimilikinya, dapat dibedakan menjadi 4 tipe.

Pertama, tipe Eropa (methyl chavicol, linalool), kedua tipe reunion (methyl chavicol, camphor), ketiga  tipe methyl cinnamate, dan keempat tipe eugenol. Senyawa methyl eugenol tertinggi terdapat pada tipe eugenol yang berfungsi sebagai penarik (atraktan) lalat buah (B. dorsalis). Senyawa utama tersebut mampu menarik hama lalat buah jantan masuk ke perangkap.


Jurus Jitu Menanam Cabai dalam Polybag

Lantas, bagaimana cara mengaplikasikan daun kemangi sebagai pestisida nabati? Caranya mudah kok, jika Anda hendak menjadikan kemangi sebagai ramuan tunggal, siapkan daun kemangi segar dan air secukupnya. Cara membuatnya, kumpulkan daun kemangi segar, keringkan. Setelah kering, rebuslah kemangi dengan air panas sampai mendidih. Setelah itu, dinginkan lalu saring. Nah, hasil saringan pun siap diaplikasikan sebagai pestisida nabati.

Cara lainnya, Anda dapat mengaplikasikan daun kemangi sebanyak 100 gram dengan bahan-bahan lainnya, seperti tembakau sebanyak 100 gram, kenikir 100 gram, pandan 100 gram, cabe rawit 100 gram, kunyit 100 gram, bawang putih 100 gram, aquadestilata 1 liter, decomposer BSA (mikro organisme pengurai) sebanyak 1-2 cc, dan gula pasir sebanyak 2 sdm.

Cara membuatnya, semua bahan dihaluskan menggunakan blender dan ditambah 1 liter aquadestilata (air suling). Lalu, masukkan bahan ke dalam botol yang steril. Setelah itu, tambahkan 2 sdm gula pasir, lalu tambahkan juga decomposer BSA 1-2 cc. Setelah itu, tutup dan biarkan 1 minggu agar terjadi fermentasi. Setelah itu saring, dan ramuan pun siap dipergunakan.

Nah, mudah kan? Maka dari itu, tunggu apalagi, mulailah dari sekarang menjadikan daun kemangi sebagai pestisida nabati pengganti pestisida kimia.

Selamat mencoba ya!

Cek! Ini Jurus Jitu Membuat Pestisida Nabati dari Bawang Putih

Halaman: 
Penulis : Riana