•  

logo


Menag Yaqut ke Santri: Jangan Pilih Pemimpin yang Cengengesan!

Yaqut sebut pemimpin yang serius dibutukan untuk menghadapi tantangan Indonesia yang lebih besar 

21 Oktober 2023 16:04 WIB

Yaqut Cholil Qoumas
Yaqut Cholil Qoumas twitter/yaqutcqoumas

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qaumas mengingatkan kepada para santri agar tidak memilih calon pemimpin yang hanya didasarkan pada fisik yang tampan dan janji manis.

"Santri jangan pernah mau memilih pemimpin, jangan sampai memilih pemimpin yang hanya didasarkan pada tampakan fisik saja, tidak boleh juga santri itu memilih hanya karena janji-janji manis saja," kata Gus Yaqut dalam rangkaian acara Hari Santri Nasional 2023 di Surabaya, Sabtu (21/10/2023).

Ia mengatakan bahwa seorang calon pemimpin harus dilihat rekam jejaknya. Ia tidak ingin rakyat khususnya santri memilih pemimpin yang pernah menggunakan agama untuk kepentingan tertentu.


Puji Golkar yang Usung Gibran Cawapresnya, Prabowo: Berijiwa Besar Sebelumnya Calonkan Pak Airlangga

"Kalau memang rekam jejaknya baik, tidak pernah menggunakan agama sebagai kuda tunggangan untuk kepentingannya. Silakan dipilih yang tidak (politisasi agama) begitu," ujarnya.

Pada kesempatan itu, ia juga meminta agar santri tidak memilih calon pemimpin yang cengengesan. Seorang pemimpin, kata dia, harus mempunyai sikap yang serius.

"Memilih pemimpin itu yang serius, lihat dulu ini pemimpin yang benar-benar serius mana, yang cengengesan ya jangan lah masak calon pemimpin cengengesan," ujarnya.

Ia mengatakan bahwa pemimpin yang serius dibutukan untuk menghadapi tantangan Indonesia yang lebih besar di masa yang akan datang.

"Harus bener-bener orang yang memang siap betul memimpin negara ini, karena tantangan ke depan ini luar biasa. Seperti Presiden Jokowi sampaikan, ke depan bukannya lebih mudah, tapi akan lebih menantang," pungkasnya.

Diusung Golkar Jadi Cawapres Prabowo, Bagaimana Status Gibran di PDIP?

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati